Skip to main content

Syarah Kasyfu Syubuhat 75

Syarh Kasyf Asy Syubuhaat.

Syarah Kasyfu Syubuhat Membongkar Akar Kesyirikan.

Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah.

Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rahimahullah.

Fahd bin Nashir bin Ibrahim As-Sulaiman.

Bayu Abdurrahman.

Dari ayat ini dapat kita pahami dua hal: [1]

Pertama. Firman-Nya, "Kecuali orang yang dipaksa" menunjukkan bahwa Allah Subhanahu wa Ta'ala hanya mengecualikan orang yang dipaksa. Dan kita telah maklum bahwa manusia hanya dapat dipaksa pada ucapan atau perbuatannya. Adapun keyakinan hati, maka tidak ada seorang pun yang bisa memaksanya.

Kedua. [2] Firman Allah Subhanahu wa Ta'ala, "Yang demikian itu karena mereka lebih mencintai kehidupan dunia daripada akhirat" menjelaskan bahwa kekafiran dan ditimpakannya azab kepada seseorang bukan karena keyakinan, kebodohan, kebenciannya kepada agama atau kecintaannya kepada kekafirannya, tetapi karena adanya kepentingan-kepentingan duniawi yang kemudian berpengaruh terhadap agamanya.

Allah Subhanahu wa Ta'ala lah yang lebih mengetahui. Shalawat dan salam semoga diberikan kepada Nabi kita, Muhammad Shallallahu 'alaihi wa Sallam, keluarganya dan para sahabatnya. [3]

Penjelasan.

[1] Dalam ayat ini Allah Subhanahu wa Ta'ala hanya mengecualikan orang yang dipaksa. Dan paksaan hanya terjadi pada ucapan atau perbuatan. Adapun keyakinan hati tidak ada yang bisa mengetahuinya kecuali Allah dan paksaan itu tidak bisa dilakukan terhadap hati. Tidak mungkin seseorang memaksa orang lain misalnya dengan mengatakan, "Engkau harus meyakini begini dan begitu", karena perkara batin tidak ada seorang pun mengetahuinya. Paksaan hanya bisa terjadi pada yang nampak saja, baik dalam ucapan atau perbuatan.

[2] Yang kedua, bahwa mereka lebih mencintai dunia daripada akhirat. Kekafiran mereka disebabkan cinta mereka kepada dunia yang berupa kedudukan, harta, pangkat lebih besar dibanding cinta mereka kepada akhirat. Dan kecintaan kepada perkara dunia seperti itu bisa mengantarkan seseorang kepada kekafiran walaupun dia tidak mencintai kekafiran itu. Kecintaannya kepada dunialah yang mengantarkan dia menjadi kafir. Ini saya katakan, karena ada sebagian orang yang dikafirkan karena dia mencintai dan mengagumi kekafiran itu sendiri; dan sebagian yang lain dikafirkan karena ingin meraih kekuasaan dan tujuan-tujuan lain yang serupa dengannya.

Kita mohon kepada Allah agar menunjukkan kita ke jalan yang lurus dan supaya tidak memalingkan hati kita setelah mendapatkan petunjuk-Nya.

[3] Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah menutup kitabnya ini dengan mengatakan bahwa Allahlah yang Maha Mengetahui, dan beliau juga berdo'a semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala memberikan shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad Shallallahu 'alaihi wa Sallam. Dengan ini selesai sudah kitab Kasyf Asy Syubuhat. Kita mohon kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala agar memberi pahala kepada penulisnya dengan sebaik-baik pahala dan menjadikan kita mendapatkan bagian dari pahala dan ganjarannya, serta menjadikan kita dan penulis berkumpul di negeri karamah-Nya (maksudnya: di Surga, -ed.).

Sesungguhnya Dia Maha Pemurah lagi Mahamulia. Segala puji bagi Allah Rabbul 'alamin. Shalawat dan salam semoga tercurah atas Nabi kita Muhammad, keluarganya dan sahabatnya.

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Syarh Kasyf Asy Syubuhaat wa Yaliihi Syarh Al Ushul 'alaihis salam Sittah, Penulis Matan: Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab, Penulis Syarah: Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin, Penerbit: Dar Ats Tsarayya, Kerajaan Saudi Arabia, Tanpa Keterangan Cetakan, Tahun: 1416 H/ 1996 M, Judul Terjemahan: Syarah Kasyfu Syubuhat Membongkar Akar Kesyirikan dilengkapi Syarah Ushulus Sittah, Penerjemah: Bayu Abdurrahman, Penerbit: Media Hidayah, Jogjakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, Rabi'uts Tsani 1425 H/ Juni 2004 M.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog