Skip to main content

Syarah Kasyfu Syubuhat 58

Syarh Kasyf Asy Syubuhaat.

Syarah Kasyfu Syubuhat Membongkar Akar Kesyirikan.

Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah.

Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rahimahullah.

Fahd bin Nashir bin Ibrahim As-Sulaiman.

Bayu Abdurrahman.

Dikatakan juga, [1] "Para sahabat Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam memerangi Bani Hanifah, padahal kaum ini benar-benar telah masuk Islam bersama Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam; mereka bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad itu utusan Allah, mereka mengumandangkan adzan dan mendirikan shalat." Jika mereka berkata, "Mereka hanya mengatakan bahwa Musailamah adalah seorang Nabi," maka katakan kepadanya, "Ya memang begitu. Apabila ada orang yang mengangkat seseorang sebagai Nabi, maka dia kafir, halal harta dan darahnya dan tidak bermanfaat kepadanya dua kalimat syahadat yang dia ucapkan, tidak bermanfaat pula shalatnya. Apalagi orang yang mengangkat Syamsan, Yusuf, sahabat atau Nabi sampai sederajat penguasa langit dan bumi. Subhanallah, Mahasuci Allah. Alangkah beratnya kekafiran orang tersebut!

"Yang demikian itu karena Allah telah mengunci mata hati orang-orang yang tidak mau memahami." (QS. Ar Rum: 59)

Penjelasan.

[1] Ini adalah jawaban yang ketiga, bahwa para sahabat radhiyallahu 'anhum memerangi Musailamah Al Kadzdzab dan pengikut-pengikutnya; darah dan harta mereka dihalalkan. Padahal mereka bersaksi bahwa tiada Ilah yang berhak disembah selain Allah dan Muhammad hamba Allah dan utusan-Nya; mereka mengumandangkan adzan dan mendirikan shalat. Mereka diperangi karena mengangkat seseorang sampai ke martabat Nabi. Oleh karena itu, bagaimana dengan orang yang mengangkat makhluk sampai ke martabat penguasa langit dan bumi? Bukankah orang seperti ini lebih berhak dikafirkan daripada seseorang yang mengangkat makhluk sampai ke martabat makhluk lain? Ini adalah satu perkara yang jelas, tetapi sebagaimana difirmankan Allah Subhanahu wa Ta'ala,

"Yang demikian itu karena Allah telah mengunci mata hati orang-orang yang tidak mau memahami." (QS. Ar Rum: 59)

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Syarh Kasyf Asy Syubuhaat wa Yaliihi Syarh Al Ushul 'alaihis salam Sittah, Penulis Matan: Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab, Penulis Syarah: Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin, Penerbit: Dar Ats Tsarayya, Kerajaan Saudi Arabia, Tanpa Keterangan Cetakan, Tahun: 1416 H/ 1996 M, Judul Terjemahan: Syarah Kasyfu Syubuhat Membongkar Akar Kesyirikan dilengkapi Syarah Ushulus Sittah, Penerjemah: Bayu Abdurrahman, Penerbit: Media Hidayah, Jogjakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, Rabi'uts Tsani 1425 H/ Juni 2004 M.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog