Skip to main content

Surat Al-Faatihah (26) | Tafsir Al-Qur'an Al-'Azhim Juz 1

Tafsiirul Qur-aanil 'Azhiim.

Tafsir Ibnu Katsir Juz 1 Al-Faatihah - Al-Baqarah.

Al-Imam Abul Fida Isma'il Ibnu Katsir Ad-Dimasyqi rahimahullah.

Surat Al-Faatihah (26).
(Pembukaan).
Makkiyyah, 7 ayat.

Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Ishaq ibnu Yusuf, telah menceritakan kepada kami Syarik, dari Ya'la ibnu Atha, dari seorang lelaki yang menceritakan kepadanya bahwa dia pernah mendengar Abu Umamah Al-Bahili menceritakan:

Apabila rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam hendak mengerjakan salatnya, terlebih dahulu membaca takbir tiga kali, lalu mengucapkan "Laa ilaaha illallaah (Tidak ada Tuhan selain Allah)" sebanyak tiga kali, dan "Subhaanallaahi wa bihamdihi (Mahasuci Allah dan dengan memuji kepada-Nya)" sebanyak tiga kali. Setelah itu beliau berdoa,

A'uudzu billaahi minasy syaithaanir rajiimi min hamzihi wa nafkhihi wa naftsihi.

"Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk, yaitu dari godaan, rayuan, dan bisikannya."

Al-Hafizh Abu Ya'la Ahmad ibnu Ali ibnul Mutsanna Al-Maushuli mengatakan di dalam kitab Musnad-nya bahwa telah menceritakan kepada kami Abdullah ibnu Umar ibnu Aban Al-Kufi, telah menceritakan kepada kami Ali ibnu Hisyam ibnul Barid, dari Yazid ibnu Ziad, dari Abdul Malik ibnu Umair, dari Abdur Rahman ibnu Abu Laila, dari Ubay ibnu Ka'b radhiyallahu 'anhu, yang menceritakan:

Ada dua orang laki-laki beradu janggut (bertengkar) di hadapan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, lalu salah seorang darinya mencabik-cabik hidung karena marah sekali. Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Sesungguhnya aku benar-benar mengetahui sesuatu; seandainya dia mengucapkannya, niscaya akan lenyaplah rasa emosinya itu, yaitu,

A'uudzu billaahi minasy syaithaanir rajiim.

'Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk.'."

Hal yang sama diriwayatkan pula oleh Imam Nasai di dalam kitab Al-Yaumu wal Lailah, dari Yusuf ibnu Isa Al-Marwazi, dari Al-Fadhl ibnu Musa, dari Yazid ibnu Abul Ja'diyyah.

=====

Maraji'/ Sumber:

Kitab: Tafsiirul Qur-aanil 'Azhiim, Penulis: Al-Imam Abul Fida Isma'il Ibnu Katsir Ad-Dimasyqi, Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan dan Tahun, Judul Terjemahan: Tafsir Ibnu Katsir Juz 1 Al-Faatihah - Al-Baqarah, Penerjemah: Bahrun Abu Bakar Lc, H. Anwar Abu Bakar Lc, Penyunting: Drs. Ii Sufyana M. Bakri, Penerbit: Sinar Baru Algensindo, Bandung - Indonesia, Cetakan Ketiga, 2003 M.

Popular posts from this blog