Skip to main content

Surat Al-Faatihah (25) | Tafsir Al-Qur'an Al-'Azhim Juz 1

Tafsiirul Qur-aanil 'Azhiim.

Tafsir Ibnu Katsir Juz 1 Al-Faatihah - Al-Baqarah.

Al-Imam Abul Fida Isma'il Ibnu Katsir Ad-Dimasyqi rahimahullah.

Surat Al-Faatihah (25).
(Pembukaan).
Makkiyyah, 7 ayat.

Hadis ini sama dengan apa yang diriwayatkan oleh Imam Abu Daud dan Ibnu Majah melalui hadis Syu'bah, dari Amr ibnu Murrah, dari Ashim Al-Gazzi, dari Nafi' ibnu Jabir Al-Muth'im, dari ayahnya yang menceritakan:

Aku melihat Rasulullah shallallah 'alaihi wa sallam bila memulai salatnya mengucapkan, "Allahu akbar kabiiran" (Allah Mahabesar dengan kebesaran yang sesungguhnya), "Alhamdu lillaahi katsiiran" (segala puji bagi Allah sebanyak-banyaknya), "Subhaanallaahi bukratan wa ashiilan" (Mahasuci Allah di pagi dan petang hari) masing-masing tiga kali; lalu, "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari setan yang terkutuk, yaitu dari godaannya, sifat takaburnya, dan embusan rayuannya."

Menurut Umar, al-hamz artinya kesempitan, nafakh artinya ketakaburan, dan nafats artinya syairnya yang batil.

Ibnu Majah mengatakan bahwa telah menceritakan kepada kami Ali ibnul Mundzir, telah menceritakan kepada kami Ibnu Fudhail, telah menceritakan kepada kami Atha ibnus Sa'ib, dari Abu Abdur Rahman A-Sulami, dari Ibnu Mas'ud, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam:

Allaahumma innii a'uudzu bika minasy syaithaanir rajiimi wa hamzihi wa nafkhihi wa naftsihi.

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari setan yang terkutuk, yakni dari godaan, rayuan, dan bisikannya.

Ibnu Majah mengatakan bahwa hamzihi artinya cekikannya, nafkhihi artinya takaburnya, dan naftsihi artinya syairnya.

=====

Maraji'/ Sumber:

Kitab: Tafsiirul Qur-aanil 'Azhiim, Penulis: Al-Imam Abul Fida Isma'il Ibnu Katsir Ad-Dimasyqi, Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan dan Tahun, Judul Terjemahan: Tafsir Ibnu Katsir Juz 1 Al-Faatihah - Al-Baqarah, Penerjemah: Bahrun Abu Bakar Lc, H. Anwar Abu Bakar Lc, Penyunting: Drs. Ii Sufyana M. Bakri, Penerbit: Sinar Baru Algensindo, Bandung - Indonesia, Cetakan Ketiga, 2003 M.

Popular posts from this blog