Skip to main content

Macam-macam Sihir | Kitab Tauhid

Bab 25

Macam-macam Sihir

Imam Ahmad mengatakan, "Muhammad bin Ja'far telah meriwayatkan kepada kami dari Auf bin Hayyan bin Al 'Ala' dari Qathan bin Qabishah dari bapaknya radhiyallahu 'anhu, dia mendengar Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Sesungguhnya 'iyafah, tharq, thiyarah adalah termasuk jibt (sihir)." (HR. Abu Dawud 3907, Nasa'i dalam kitab Al kubra 11108, Ahmad 3/447)

'Auf mengatakan bahwa 'iyafah adalah meramal nasib dengan menerbangkan burung sedangkan tharq adalah meramal nasib dengan membuat garis di tanah. Al Hasan mengatakan bahwa yang dimaksud dengan jibt adalah suara setan (sanad hadits ini jayyid). Hadits dari Qabishah diatas juga diriwayatkan oleh Abu Dawud, Nasa'i, dan Ibnu Hibban dalam Shahihnya.

Ibnu 'Abbas radhiyallahu 'anhuma menuturkan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Barangsiapa mempelajari sebagian dari ilmu nujum, sesungguhnya dia telah mempelajari sebagian dari ilmu sihir. Semakin dalam dia mempelajari ilmu nujum semakin dalam pula dia terperosok ke dalam ilmu sihir. (Shahih, diriwayatkan oleh Abu Dawud 3905, Ibnu Majah 3726, Ahmad 1/311, dishahihkan oleh Imam Nawawi dalam Riyadhush Shalihin 484)

Nasa'i meriwayatkan hadits dari Abu Hurairah (radhiyallahu 'anhu),

"Barangsiapa yang membuat buhulan lantas meniupnya, maka dia telah melakukan sihir. Siapa saja yang melakukan sihir, maka berarti dia telah berbuat syirik. Barangsiapa yang menggantungkan suatu benda, maka Allah akan menjadikannya bersandar kepada benda tersebut." (HR. Nasa'i 7/103)

Ibnu Mas'ud radhiyallahu 'anhu menuturkan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Maukah kalian kuberitahu tentang 'Adhhu? 'Adhhu adalah mengadu domba yaitu dengan menghasut orang agar saling memusuhi." (HR Muslim 2606)

Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, dia menuturkan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Sesungguhnya di antara untaian kata yang indah itu ada yang bisa berpengaruh seperti sihir (124)." (HR. Bukhari 5146 dan Muslim 869)

Kandungan Bab

1. 'Iyafah, tharq, dan thiyarah termasuk jibt.

2. Pengertian kata 'iyafah, tharq dan thiyarah.

3. Ilmu nujum termasuk cabang ilmu sihir.

4. Membuat buhulan lantas meniupnya (sebagaimana yang dilakukan oleh tukang sihir) juga merupakan bentuk sihir.

5. Mengadu domba juga termasuk bentuk sihir.

6. Sebagian untaian kata-kata yang indah juga termasuk sihir.

=====

Catatan Kaki:

124. Hadits ini juga bisa dimaknai, "Sesungguhnya susunan kata-kata yang indah itu bagaikan sihir." (Lihat Al Qaulul Mufid'ala Kitab At Tauhid: I/461)

=====

Maraji'/ Sumber:

Kitab: At Tauhid, Alladzi Huwa Haqqullah 'alal 'Abid, Penulis: Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullaah, Penerbit: Darul Aqidah, Kairo - Mesir, Tanpa Keterangan Cetakan, Tahun 1422 H/ 2002 M, Judul Terjemahan: Kitab Tauhid, Memurnikan La Ilaha Illallah, Penerjemah: Eko Haryono, Editor, Taqdir, Hidayati, Penerbit: Media Hidayah - Indonesia, Cetakan Pertama, Sya'ban 1425 H/ Oktober 2004 M.

Popular posts from this blog