Skip to main content

Biografi Syaikh Muhammad bin 'Abdul Wahhab | Kitab Tauhid

Biografi Syaikh Muhammad bin 'Abdul Wahhab (rahimahullah)

Nama beliau dengan nasab yang lengkap adalah Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab bin Sulaiman bin 'Ali bin Muhammad bin Ahmad bin Rasyid bin Buraid bin Musyrif bin Musyrif bin 'Umar. Beliau berasal dari kabilah Bani Tamim.

Beliau dilahirkan di daerah Uyainah pada tahun 1115 H di rumah yang penuh dengan cahaya ilmu, kemuliaan, dan agama. Bapak beliau adalah seorang alim besar. Terlebih lagi, kakek beliau, Sulaiman, adalah ulama Nejd pada zamannya.

Beliau telah menghafal Al Qur'an sebelum menginjak umur sepuluh tahun. Beliau belajar fikih sehingga bisa memperoleh pemahaman yang luas dalam masalah ini. Orang tuanya sangat kagum pada dirinya karena kekuatan hafalan yang dimilikinya. Beliau banyak melakukan telaah buku-buku tafsir dan hadits.

Beliau adalah orang yang sangat giat menuntut ilmu baik di siang maupun malam hari sehingga mampu menghafal banyak mantan-mantan ilmiyah dalam berbagai cabang ilmu. Beliau lantas pergi menuntut ilmu di pinggiran kota Nejd dan Mekkah. Beliau menimba ilmu secara langsung dari ulama-ulama negeri tersebut.

Setelah itu, beliau melakukan rihlah ke Madinah dan menimba ilmu secara langsung dari ulama-ulama di kota tersebut. Di antara mereka adalah Al Alamah Syaikh 'Abdullah bin Ibrahim Asy Syamiri. Beliau juga menimba ilmu kepada pakar ilmu waris terkenal yaitu bapak dari gurunya tersebut bernama Ibrahim Asy Syamiri. Syaikh Ibrahim adalah penulis buku berjudul Al 'Adzbu Al Faidh fi Syarhi Al Fiyati Al Faraidh.

Kedua ulama tersebut mengenalkan beliau dengan seorang ahli hadits terkenal yang bernama Muhammad Hayatussindi. Beliau lantas menimba ilmu hadits dan rijalnya kepada beliau secara langsung. Muhammad Hayatussindi lantas memberikan ijazah kepada beliau dalam masalah buku-buku induk hadits.

Syaikh Muhammad bin 'Abdul Wahhab adalah sosok yang telah diberi Allah pemahaman yang tajam dan kecerdasan yang luar biasa. Beliau mencurahkan segenap kemampuannya untuk melakukan telaah, pembahasan, dan membuat karya tulis. Setiap kali menemukan poin penting tatkala membaca dan membahas, maka beliau selalu mencatatnya. Beliau tidak bosan-bosannya menulis. Beliau juga banyak menyalin buku-buku karya Ibnu Taimiyah dan Ibnul Qayyim. Buah karya penanya yang selalu mengalir tersebut sangatlah berharga sehingga senantiasa kita dapatkan di banyak museum.

Tatkala orang tuanya meninggal dunia pada tahun 1153 H, beliau mulai memukul genderang dakwah salafiah, mengajak orang mentauhidkan Allah, mengingkari kemungkaran, serta menyerang ahli bid'ah, penyembah patung, dan berhala. Akhirnya, Raja 'Ali Su'ud membantu beliau sehingga kekuatannya makin kokoh dan dakwah beliau pun terdengar di mana-mana.

Di antara karya tulis beliau adalah Kitab Tauhid yang ada di hadapan pembaca. Karya yang lain adalah Kasyfu Asy Syubhat, Al Kabair, Tsalatsatul Ushul, Mukhtashar Al Inshaf wa As Sarh Al Kabir, dan Mukhtashar Zad Al Ma'ad. Di samping itu buku-buku tipis dan fatwa-fatwa beliau juga telah dikumpulkan dalam satu buku berjudul Majmu'at Muallafat Imam Muhammad bin 'Abdul Wahhab di bawah pengawasan Universitas Muhammad bin Su'ud.

Akhir hayatnya, beliau wafat pada tahun 1206 H. Semoga Allah melimpahkan rahmat yang luas kepada beliau. Semoga Allah membalas dengan sebaik-baiknya segala kiprah beliau untuk Islam dan kaum Muslimin. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengabulkan Permohonan. Segala puji bagi Allah Rabb segenap alam. Semoga shalawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada Nabi kita Muhammad, keluarganya, dan juga kepada seluruh para sahabatnya.

=====

Maraji'/ Sumber:


Kitab: Kitab At Tauhid, Alladzi Huwa Haqqullah 'alal 'Abid, Penulis: Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullaah, Penerbit: Darul Aqidah, Kairo - Mesir, Tanpa Keterangan Cetakan, Tahun 1422 H/ 2002 M, Judul Terjemahan: Kitab Tauhid, Memurnikan La Ilaha Illallah, Penerjemah: Eko Haryono, Editor, Taqdir, Hidayati, Penerbit: Media Hidayah - Indonesia, Cetakan Pertama, Sya'ban 1425 H/ Oktober 2004 M.

Popular posts from this blog