Skip to main content

Ringkasan Shahih Bukhari (267)

Mukhtashar Shahih al-Imam al-Bukhari.

Ringkasan Shahih Bukhari.

Imam al-Bukhari rahimahullah.

Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullah.

Kitaabush Shalaah.

8. Kitab Shalat.

Bab Pembatas Tempat Shalat.

91. Bab: Berapa Jarak Antara Tempat Shalat dan Pembatasnya.

267. Dari Sahal, dia berkata, "Jarak antara tempat shalat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam (292) dan dinding (dalam riwayat lain: Jarak antara dinding masjid yang sehadap dengan kiblat dengan mimbar 8/ 154) (293) adalah sekitar sebesar jalan yang bisa dilewati domba." (294)

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Catatan Kaki:

292. Yakni tempat sujud beliau. Ungkapan Al Asqalani "tempat berdirinya beliau ketika shalat", karena terkadang tidak memungkinkan sujud dalam kondisi seperti itu, kecuali jika dikatakan "beliau mundur ketika sujud". Sebagian ulama Maliki berpendapat demikian, sementara Abu Al Hasan As-Sanadi tidak berpendapat demikian. Yang menguatkannya bahwa tidak mesti berdirinya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam di dekat dinding itu dengan jarak yang sedekat itu, jauhnya sekitar tiga hasta dari shaf terdepan yang berada di belakang beliau. Ini merupakan hal yang bertentangan dengan sunnah dalam hal meluruskan barisan, yaitu ucapan beliau "Dekatkan barisan kalian" hadits shahih yang dikeluarkan dalam "Shahih Abi Daud" (673), dan bertentangan pula dengan hadits Ibnu Umar yang akan disebutkan pada nomor 283.

293. Menurut saya, bahwa riwayat ini sanadnya lebih shahih daripada yang pertama, dan tidak ada masalah terhadap yang pertama. Riwayat ini pun diperkuat oleh hadits Salamah yang disebutkan setelahnya, bahkan yang pertama janggal sebagaimana saya jelaskan dalam "Shahih Abi Daud" (693).

294. Al Mahlab mengatakan, "Antara dinding dan mimbar ada sunnah yang harus diikuti, yaitu dalam menempatkan mimbar, yakni hendaknya bisa dimasuki dari tempat tersebut."

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: Mukhtashar Shahih Al Imam Al Bukhari, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullaah, tanpa keterangan penerbit, tanpa keterangan cetakan, tanpa keterangan tahun, Judul Terjemahan: Ringkasan Shahih Bukhari Jilid 1, Penerjemah: Asep Saefullah FM, M.A., Drs. Kamaluddin Sa'adiyatulharamain, Editor: Abu Rania, Abu Fahmi Huaidi, Fajar Inayati, Penerbit: Pustaka Azzam, Jakarta - Indonesia, Cetakan keenam, Nopember 2013 M.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog