Skip to main content

Hadits Adab Az Zifaf (119)

أَدَابُ الزِّفَافِ فِى السُّنَّةِ الْمُطَهَّرَةِ

Adaabuz Zifaafi fis Sunnatil Muthahharati.

Adab Az Zifaf.
Panduan Pernikahan Cara Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam.

Imam Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullaah.

Adab Menikah.

40. Kewajiban Mempergauli Istri dengan Baik.

Diriwayatkan dari 'Aisyah radhiyallahu 'anhuma juga:

"Suatu ketika dia bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dalam sebuah perjalanan. ('Aisyah berkata, "Saat itu badan saya belum gemuk.") Beliau berseru kepada shahabat-shahabatnya, 'Kalian jalan di depan duluan!' (Mereka pun jalan mendahului Nabi (shallallahu 'alaihi wa sallam).) Beliau kemudian berkata, 'Ayo kita beradu cepat!' Saya pun beradu cepat dengan beliau. Saya berhasil mengalahkan beliau. Beberapa waktu kemudian saya keluar bersama beliau dalam suatu perjalanan. Beliau berseru kepada para shahabatnya, 'Kalian jalan di depan duluan!' Beliau kemudian berkata kepada saya, 'Ayo kita beradu cepat!' Saya telah lupa dengan peristiwa dulu. Badan saya saat itu sudah gemuk. Saya berkata, 'Bagaimana saya bisa beradu cepat dengan engkau, wahai Rasulullah, padahal badan saya sekarang begini?' Beliau berkata, 'Tidak apa-apa, lakukan saja!' Lalu, saya pun beradu cepat dengan beliau dan beliau berhasil mengalahkan saya. (Beliau tertawa) seraya berkata, 'Kemenanganku ini sebagai balasan kemenanganmu yang dulu.'" (223)

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Catatan Kaki:

223. Hadits ini diriwayatkan oleh Al Humaidi dalam kitab Musnadnya (no. 261), Abu Dawud (I/ 403), An Nasai dalam kitab 'Usyrah An Nisa' (II/ 74). Lafal ini terdapat dalam riwayat An Nasai. Hadits ini juga diriwayatkan oleh Ahmad, Ath Thabarani (XXIII/ 47), dan Ibnu Majah (I/ 610) secara ringkas. Sanad hadits ini shahih sebagaimana dikatakan oleh Al Iraqi dalam kitab Takhrij Al Ihya' (II/ 40). Hadits ini telah saya takhrij dalam kitab Irwa' Al Ghalil. Dalam kitab ini saya sebutkan beberapa jalur periwayatan dan lafal-lafal hadits ini. Silakan para pembaca merujuk kitab tersebut (no. 1497)!

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: (أَدَابُ الزِّفَافِ فِى السُّنَّةِ الْمُطَهَّرَةِ) Adaabuz Zifaafi fis Sunnatil Muthahharati, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullaah, Penerbit: Dar As Salam, Tanpa Keterangan Cetakan, Tahun: 1423 H/ 2002 M, Judul Terjemahan: Adab Az Zifaf, Panduan Pernikahan Cara Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam, Penerjemah: Abu Shafiya, Editor: Abu Hanief, Penerbit: Media Hidayah, Jogjakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, Muharram 1425 H/ Maret 2004 M, Cetakan Ketiga.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog