Skip to main content

Ringkasan Shahih Bukhari (327)

Mukhtashar Shahih al-Imam al-Bukhari.

Ringkasan Shahih Bukhari.

Imam al-Bukhari rahimahullah.

Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullah.

Asep Saefullah FM, M.A.
Drs. Kamaluddin Sa'adiyatulharamain.

Kitaabul Adzaan.

10. Kitab Adzan.

9. Bab: Mengundi untuk Mengumandangkan Adzan.

135. (336) Diceritakan bahwa, ada beberapa orang yang berebut untuk mengumandangkan adzan, lalu Sa'ad mengundi mereka.

327. Dari Abu Hurairah (radhiyallahu 'anhu), bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda, "Seandainya manusia mengetahui kebaikan yang terkandung dalam adzan dan shaf pertama {barisan paling depan dalam shalat} lalu mereka tidak menemukan cara kecuali harus melakukan undian, tentulah mereka akan mengundi. Seandainya mereka mengetahui kebaikan yang terkandung dalam bersegera menuju shalat, tentulah mereka akan berlomba-lomba. Dan seandainya mereka mengetahui kebaikan yang terkandung dalam shalat Isya dan Shubuh, tentulah mereka akan mendatanginya walaupun dengan merangkak."

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Catatan Kaki:

336. Ada indikasi yang menunjukkan lemahnya riwayat ini, yakni disambungkan Al Baihaqi dan lainnya dengan sanad yang terputus, dan disambungkan oleh Saif bin Umar, seorang yang haditsnya ditinggalkan.

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: Mukhtashar Shahih Al Imam Al Bukhari, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullaah, tanpa keterangan penerbit, tanpa keterangan cetakan, tanpa keterangan tahun, Judul Terjemahan: Ringkasan Shahih Bukhari Jilid 1, Penerjemah: Asep Saefullah FM, M.A., Drs. Kamaluddin Sa'adiyatulharamain, Editor: Abu Rania, Abu Fahmi Huaidi, Fajar Inayati, Penerbit: Pustaka Azzam, Jakarta - Indonesia, Cetakan keenam, Nopember 2013 M.

===

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog