Skip to main content

Ringkasan Shahih Bukhari (280)

Mukhtashar Shahih al-Imam al-Bukhari.

Ringkasan Shahih Bukhari.

Imam al-Bukhari rahimahullah.

Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullah.

Kitaabu Mawaaqiitish Shalaah.

9. Kitab Waktu Shalat.

4. Bab: Shalat adalah Kaffarah {Penebus Kesalahan}.

280. Dari Hudzaifah, ia berkata, "Ketika kami sedang duduk bersama Umar radhiyallahu 'anhu, ia berkata, 'Siapa di antara kalian yang ingat sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam tentang fitnah?' Aku menyahut, 'Aku [ingat 2/119] apa yang pernah beliau katakan.' Umar bertanya lagi, 'Engkau sungguh ingat ucapannya dan engkau tidak sangsi?' Aku katakan, 'Fitnah {kesalahan} seorang laki-laki dalam istrinya, anaknya dan tetangganya bisa ditebus dengan shalat, puasa, shadaqah, mengajak [kepada kebaikan] dan mencegah [kemungkaran.'] Umar berkata lagi, 'Bukan itu yang kumaksud, tapi [yang kumaksud] adalah fitnah yang bergelombang seperti bergelombangnya lautan.' Hudzaifah berkata, '[Aku katakan], itu bukan masalah bagimu wahai Amirul Mukminin, karena antara dirimu dan fitnah itu ada pintu yang tertutup rapat.' [Umar 8/96] berkata, 'Apakah [pintu itu] didobrak atau dibuka?' [Aku jawab,] 'Didobrak.' Ia berkata lagi, ['Kalau sudah didobrak] tentu tidak dapat dikunci lagi selamanya.' [Hudzaifah berkata, 'Aku katakan, 'Ya, begitulah,''] Kami katakan [kepada Masruq, 'Tanyakan kepadanya 2/226] apakah Umar mengetahui [siapakah] pintu itu?' Ia menjawab, 'Ya, sebagaimana [aku tahu] bahwa malam ini bukanlah hari esok. Demikian itu karena aku menceritakan hadits tidak disertai dengan kesalahan-kesalahannya.' Namun kemudian kami merasa segan untuk bertanya kepada Hudzaifah tentang [siapakah pintu itu]? Lalu kami menyuruh Masruq untuk menanyakan kepadanya tentang [siapakah pintu itu? 4/174], ia menjawab, 'Pintu itu adalah Umar.'"

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: Mukhtashar Shahih Al Imam Al Bukhari, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullaah, tanpa keterangan penerbit, tanpa keterangan cetakan, tanpa keterangan tahun, Judul Terjemahan: Ringkasan Shahih Bukhari Jilid 1, Penerjemah: Asep Saefullah FM, M.A., Drs. Kamaluddin Sa'adiyatulharamain, Editor: Abu Rania, Abu Fahmi Huaidi, Fajar Inayati, Penerbit: Pustaka Azzam, Jakarta - Indonesia, Cetakan keenam, Nopember 2013 M.

===

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog