Skip to main content

Kemuliaan Rasulullah (37)

Bidayatu As-Suul fi Tafdili Ar-Rasul.

Kemuliaan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam.

Imam Ibnu Abdussalam As-Sulami Asy-Syafi'i Ad-Dimasyqi.

Imam Muhammad Nashiruddin Al-Albani.

Muhammad Iqbal Kadir.

Dan ada pula konteks hadits lain yang semakna dengan hadits tersebut, yakni sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam,

"Aku telah diberi kunci-kunci untuk bertutur kata, ucapan yang ringkas dan lugas serta penutupnya."

Hadits ini adalah shahih, diriwayatkan dari Abu Musa, Ibnu Umar dan lain-lain radhiyallahu 'anhum. Saya telah mentakhrijnya dalam kitab "Ash-Shahihah" (no. 1483). Sumber asal hadits tersebut dimuat dalam kitab Shahih Bukhari dan Muslim dan lain-lain dengan lafadz,

"Aku diutus dengan ucapan yang ringkas dan lugas. Dan aku ditolong dari rasa ketakutan. Ketika aku sedang tertidur, aku telah diberikan kunci-kunci kekayaan bumi dan aku meletakkannya di atas tanganku." (HR. Bukhari-Muslim dan lain-lain. Dari hadits Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu dan dari semua sahabat)

zv. Keistimewaan Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam.

41. Seperti sebelumnya, Allah Subhanahu wa Ta'ala telah mengistimewakan Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa Sallam daripada para Nabi dan Rasul-Nya dari kalangan manusia, serta mengistimewakannya dari para utusan terpilih-Nya dari penduduk langit dan para Malaikat.

Akan tetapi manusia yang paling utama dan melebihi Malaikat adalah,

"Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, mereka itulah sebaik-baiknya makhluk." (QS. Al Bayyinah (98): 7)

Dan figur Malaikat termasuk dalam kategori "Al Bariyyah" yang diambil dari kata "Bara` Allahu Al Khalqa", yang maknanya dijadikan dan diciptakan.

Jadi Malaikat tidak termasuk dalam kategori figur yang dispesifikasikan Allah Subhanahu wa Ta'ala dalam firman-Nya di atas, "Sesungguhnya orang-orang yang beriman, dan beramal shalih." Kendatipun demikian, mereka (para Malaikat) telah beriman dan beramal shalih. Karena lafadz tersebut dikhususkan hanya untuk dipakai bagi konteks manusia yang beriman. Dengan alasan karena pengambilan makna tersebut dilakukan dalam usaha untuk memahami secara mutlak.

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Bidayatu As-Suul fi Tafdili Ar-Rasul, Penulis: Imam Ibnu Abdussalam As-Sulami Asy-Syafi'i Ad-Dimasyqi, Pentahqiq: Imam Muhammad Nashiruddin Al-Albani, Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun, Judul Terjemahan: Kemuliaan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam, Penerjemah: Muhammad Iqbal Kadir, Editor: Ahmad Taufiq Abdurrahman, Sri Yulyastuti, Penerbit: Najla Press, Jakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, September 2004 M.

===

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog