Skip to main content

Kemuliaan Rasulullah (30)

Bidayatu As-Suul fi Tafdili Ar-Rasul.

Kemuliaan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam.

Imam Ibnu Abdussalam As-Sulami Asy-Syafi'i Ad-Dimasyqi.

Imam Muhammad Nashiruddin Al-Albani.

Muhammad Iqbal Kadir.

Beberapa kemuliaan akhlak Nabi (Shallallahu 'alaihi wa Sallam) seperti di atas, dapat ditemukan di dalam teks-teks Al Qur`an atau buku-buku yang mengupas tentang tabiat dan watak Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam (Kutub Asy-Syamail).

Albani berkata, "Bahwa kitab yang masyhur dalam hal ini adalah 'Asy-Syamail Al Muhammadiyyah' karya Imam Tirmidzi. Saya telah membuat sebuah mukhtashar (rangkuman) dari buku ini dengan menghapus beberapa sanad hadits yang dikutip secara berulang-ulang. Dan saya juga telah berusaha membedakan dan menerangkan kondisi hadits yang shahih dan yang dhaif, kemudian saya sisipkan dengan beberapa ulasan. Buku ini telah siap cetak, semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala memudahkan segala urusan distribusinya kepada masyarakat."

y. Sikap kasih Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam terhadap umatnya.

32. Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam memiliki tabiat yang lemah lembut. Hal ini sebagaimana ditegaskan dalam Al Qur`an, "Maka karena rahmat Allahlah kamu bersikap lemah lembut terhadap mereka." (QS. Aali 'Imran (3): 159)

33. Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersikap sangat keras terhadap orang-orang kafir, dan bersikap sayang (dan lemah lembut) terhadap orang-orang yang beriman.

Hal ini termaktub dalam firman Allah Subhanahu wa Ta'ala, "Muhammad adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir tetapi berkasih sayang sesama mereka." (QS. Al Fath (48): 29)

34. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam berkeinginan kuat untuk menjaga (dan merawat) tradisi keimanan umatnya, beliau sangat menyayangi orang-orang beriman, serta mengasihi seluruh umat manusia.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman tentang hal ini, "Sesungguhnya telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin." (QS. At-Taubah (9): 128)

Maksudnya adalah, bahwa beliau Shallallahu 'alaihi wa Sallam akan merasakan kesusahan yang sama dengan yang mereka rasakan saat mereka susah, sangat menginginkan mereka untuk (terus) beriman, dan sangat mengasihi dan menyayangi orang-orang yang beriman.

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Bidayatu As-Suul fi Tafdili Ar-Rasul, Penulis: Imam Ibnu Abdussalam As-Sulami Asy-Syafi'i Ad-Dimasyqi, Pentahqiq: Imam Muhammad Nashiruddin Al-Albani, Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun, Judul Terjemahan: Kemuliaan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam, Penerjemah: Muhammad Iqbal Kadir, Editor: Ahmad Taufiq Abdurrahman, Sri Yulyastuti, Penerbit: Najla Press, Jakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, September 2004 M.

===

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog