Skip to main content

Kemuliaan Rasulullah (26)

Bidayatu As-Suul fi Tafdili Ar-Rasul.

Kemuliaan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam.

Imam Ibnu Abdussalam As-Sulami Asy-Syafi'i Ad-Dimasyqi.

Imam Muhammad Nashiruddin Al-Albani.

Muhammad Iqbal Kadir.

Dan umat Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa Sallam muncul dengan ganjaran yang dilipatgandakan berkat bimbingan, kemuliaan dan keagungan beliau Shallallahu 'alaihi wa Sallam. Seperti yang difirmankan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala, "Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan berimanlah kepada Rasul-Nya, niscaya Allah akan memberikan rahmat-Nya kepadamu dua bagian. Dan menjadikan untukmu cahaya, yang dengan cahaya itu kamu dapat berjalan dan Dia mengampuni kamu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Paragrap ini dinukil dari As-Suyuthi dalam kitab "Al Khashaish" (2/217).

v. Pilihan kenabian bagi Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam.

29. Allah Subhanahu wa Ta'ala menawarkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa Sallam kunci harta benda dan kebaikan bumi, serta kebijakan untuk memilih antara menjadi raja atau Nabi yang menghamba. Lalu beliau memita petunjuk dari Jibril 'alaihis salam, dan beliau diberi petunjuk agar bertawadhu'. Lantas beliau Shallallahu 'alaihi wa Sallam menjawab,

"Nabi yang menghamba adalah pilihanku, aku akan menerima untuk lapar sehari, kenyang sehari. Jika aku lapar, aku akan berdoa kepada Allah. Dan jika aku kenyang, aku akan bersyukur kepada Allah."

Maksudnya adalah, bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam mengharap agar beliau dapat tetap sibuk bersama Allah Subhanahu wa Ta'ala, baik dalam keadaan susah maupun senang, nikmat ataupun bencana.

Hadits tersebut diriwayatkan oleh Tirmidzi no. 2348, Ahmad 5/254 dan Abu Nu'aim halaman 522 dari riwayat Ubaidillah bin Zahar dari Ali bin Yazid dari Al Qasim Abu Abdurrahman dari Abu Umamah dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda,

"Tuhanku telah menawarkan untuk menjadikan kerikil kota Makkah sebagai emas. Aku berkata, 'Tidak, wahai Tuhanku! Tetapi aku lebih suka untuk kenyang sehari dan lapar sehari (atau seperti itu). Apabila aku lapar, aku akan tunduk kepada-Mu dan mengingati-Mu. Apabila aku kenyang, akupun akan memuji dan mensyukuri-Mu.'"

Tirmidzi berkomentar: "Hadits tersebut adalah hadits hasan, dan figur Ali bin Yazid adalah dha'if."

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Bidayatu As-Suul fi Tafdili Ar-Rasul, Penulis: Imam Ibnu Abdussalam As-Sulami Asy-Syafi'i Ad-Dimasyqi, Pentahqiq: Imam Muhammad Nashiruddin Al-Albani, Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun, Judul Terjemahan: Kemuliaan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam, Penerjemah: Muhammad Iqbal Kadir, Editor: Ahmad Taufiq Abdurrahman, Sri Yulyastuti, Penerbit: Najla Press, Jakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, September 2004 M.

===

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog