Skip to main content

Kemuliaan Rasulullah (7)

Bidayatu As-Suul fi Tafdili Ar-Rasul.

Kemuliaan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam.

Imam Ibnu Abdussalam As-Sulami Asy-Syafi'i Ad-Dimasyqi.

Imam Muhammad Nashiruddin Al-Albani.

Muhammad Iqbal Kadir.

Albani menambahkan bahwa penulis memberi isyarat kepada hadits Jabir bin Samurah radhiyallahu 'anhu yang berbunyi, "Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda,

'Sungguh aku mengenal sebongkah batu di Makkah yang pernah memberi salam kepadaku sebelum aku diutus oleh Allah. Sungguh aku mengenalnya hingga saat ini." (HR. Muslim (7/58-59), Tirmidzi (3628) yang menilai bahwa hadits ini adalah hasan, Ad-Darimi dalam kitab "Mukadimah As-Sunan", Ahmad (5/89, 95, dan 105), dan Abu Nu'aim dalam kitab "Ad-Dalail", halaman 340)

Dan Albani menambahkan lagi:

Inilah mukjizat yang mutakhir dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam. Al Hafizh Ibnu Katsir telah mengumpulkan sebagian besar penggalan fenomena mukjizat-mukjizat tersebut di dalam kitabnya "Al Bidayah", As-Suyuthi dalam kitab "Al Khashaish" (2/306-209) dari sejumlah sahabat. Di antara mereka Ibnu 'Umar, Jabir dari Bukhari dalam kitab "Al Manaqib", Abu Nu'aim halaman 341-345. Dari Jabir, ayah saya, Sahal bin Sa'ad, Abu Sa'id Al Khudri, Aisyah radhiyallahu 'anhum dan lain-lain.

Selain mereka yang disebut di atas, ada juga Anas bin Malik dan Ibnu 'Abbas radhiyallahu 'anhum dari Ibnu Majah, no. 1415 dengan lafazh, "Bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam pernah berbicara dengan sebatang pohon, maka ketika batang pohon tersebut dijadikan mimbar, lalu Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam naik ke atas mimbar tersebut, sang batang pohon itu menangis. Lantas beliau Shallallahu 'alaihi wa Sallam merangkulnya hingga diam. Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda,

"Seandainya aku tidak merangkulnya, niscaya batang pohon tersebut akan menangis hingga hari Kiamat."

Hadits ini telah saya identifikasikan dalam kitab "Al Ahadits Ash-Shahihah", no. 1200. Dan As-Suyuthi menisbatkan fadhilah ini dan yang sebelumnya kepada penulis. Lihat (3/131).

11. Mukjizat lain yang sangat menakjubkan pernah terjadi pada diri Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam adalah memancarnya air yang dari sela-sela jari beliau Shallallahu 'alaihi wa Sallam. Dan mukjizat seperti ini jelas lebih dahsyat daripada air yang sekedar memancar dari bebatuan. Karena sudah merupakan hal yang lumrah dan biasa ditemukan memancarnya air dari sela-sela bebatuan.

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Bidayatu As-Suul fi Tafdili Ar-Rasul, Penulis: Imam Ibnu Abdussalam As-Sulami Asy-Syafi'i Ad-Dimasyqi, Pentahqiq: Imam Muhammad Nashiruddin Al-Albani, Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun, Judul Terjemahan: Kemuliaan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam, Penerjemah: Muhammad Iqbal Kadir, Editor: Ahmad Taufiq Abdurrahman, Sri Yulyastuti, Penerbit: Najla Press, Jakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, September 2004 M.

===

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog