Skip to main content

Kemuliaan Rasulullah (4)

Bidayatu As-Suul fi Tafdili Ar-Rasul.

Kemuliaan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam.

Imam Ibnu Abdussalam As-Sulami Asy-Syafi'i Ad-Dimasyqi.

Imam Muhammad Nashiruddin Al-Albani.

Muhammad Iqbal Kadir.

Dan ketika semua orang memohon syafa'at dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam pada hari Kiamat, beliau menjawab,

"Akulah yang berhak memberikan syafa'at." (HR. Bukhari dan Muslim dan Ibnu Abu 'Ashim dalam kitab "As-Sunnah" no. 816-817)

5. Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam adalah manusia pertama yang memberikan syafa'at dan yang pertama mendapat syafa'at. Hal ini mengindikasikan akan keistimewaan dan keutamaan beliau Shallallahu 'alaihi wa Sallam.

Albani menegaskan bahwa hadits ini merupakan hadits Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu yang diriwayatkan secara marfu' dengan lafazh,

"Aku adalah pemuka anak cucu Adam pada hari Kiamat. Orang pertama yang dikeluarkan dari perut bumi, orang pertama yang memberi syafa'at, dan orang pertama yang menerima syafa'at." (HR. Muslim dan lain-lain)

Hadits ini telah ditakhrij di dalam kitab "Dhilal Al Jannah fi Takhrij As-Sunnah", cetakan Maktabah Al Islami, halaman 792. Dan hadits ini juga memiliki banyak saksi, sebagaimana diuraikan di dalam kitab "Ash-Shahihah" halaman 1571.

Dan hadits ini berasal dari riwayat Abdullah bin Salam dan Abu Sa'id sebagaimana yang telah dikemukakan di atas.

d. Penangguhan doa Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam.

6. Hadits di atas merupakan indikasi didahulukannya Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam (daripada figur Nabi lainnya). Dan Allah Subhanahu wa Ta'ala telah menjanjikan pengabulan ini bersifat disegerakan perwujudannya di dunia. Sedangkan bagi doa Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam seputar syafa'at untuk umatnya, akan ditangguhkan efektifitasnya di akhirat kelak.

Albani menambahkan bahwa hadits ini merupakan isyarat pada sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam, "Setiap Nabi memiliki doa mustajab. Akan dikabulkan saat dia berdoa. Sedangkan doaku ditangguhkan hingga hari Kiamat sebagai syafa'at bagi umatku." (HR. Bukhari, dan Muslim dan lain-lain dari hadits Abu Hurairah, Anas dan lain-lain dan telah ditakhrij dalam kitab "Azh-Zhilal" (797-799)

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Bidayatu As-Suul fi Tafdili Ar-Rasul, Penulis: Imam Ibnu Abdussalam As-Sulami Asy-Syafi'i Ad-Dimasyqi, Pentahqiq: Imam Muhammad Nashiruddin Al-Albani, Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun, Judul Terjemahan: Kemuliaan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam, Penerjemah: Muhammad Iqbal Kadir, Editor: Ahmad Taufiq Abdurrahman, Sri Yulyastuti, Penerbit: Najla Press, Jakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, September 2004 M.

===

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog