Skip to main content

Kemuliaan Rasulullah (25)

Bidayatu As-Suul fi Tafdili Ar-Rasul.

Kemuliaan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam.

Imam Ibnu Abdussalam As-Sulami Asy-Syafi'i Ad-Dimasyqi.

Imam Muhammad Nashiruddin Al-Albani.

Muhammad Iqbal Kadir.

Hadits ini diangkat dari riwayat Buraid yang bersumber dari Abu Bardah dan hadits ini juga dibuktikan dengan sebuah hadits dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma dengan redaksi seperti hadits tersebut, namun memiliki redaksi yang lebih lengkap.

Juga dimuat di dalam kitab "Mukhtashar" (no. 312), pada lafadz akhirnya berbunyi,

"Para pengikut yahudi dan nasrani pun marah dan berkata, 'Kenapa kami, padahal kami banyak beramal, namun kami hanya mendapat sedikit balasan?' Allah berfirman, 'Apakah Aku menzhalimi ganjaran dari kalian sedikitpun?' Mereka menjawab, 'Tidak pernah.' Allah berfirman, 'Itu adalah merupakan fadhilah yang Aku miliki dan Aku memberikannya kepada orang yang Aku kehendaki.'"

Dalam kitab "Al Bidayah", Al Hafidz Ibnu Katsir berkomentar setelah membawakan hadits tersebut:

"Maksud dari perumpamaan tersebut adalah sebagai determinasi ganjaran yang diperoleh dengan sedikitnya amal (yang dilakukan). Tapi hal ini masih relatif tergantung pada faktor lain yang dipandang penting di sisi (kebijakan) Allah Subhanahu wa Ta'ala. Dan berapa banyak amal yang sedikit, tetapi lebih berguna dan berpahala dari (hanya) amalan yang banyak.

Misalnya, ibadah yang dilakukan pada malam Lailatul Qadar yang merupakan ibadah yang lebih afdhal dari ibadah seribu bulan. Atau juga seperti infaq yang diberikan oleh para sahabat Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam (walau sedikit) tetapi dilakukan dalam beberapa waktu (sering), adalah lebih baik dari infaq yang diberikan orang lain dengan memberikan emas (walau hampir menandingi berat satu mud -kurang lebih 6 ons, atau setengah korma yang diinfakkannya-).

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam telah diangkat menjadi seorang Nabi, saat beliau berumur empat puluh tahun. Dan dipanggil kehadirat-Nya saat beliau Shallallahu 'alaihi wa Sallam berumur enam puluh tiga tahun. Dalam selang waktu 23 tahun, nampak sekali bahwa ilmu yang diamalkannya lebih bermanfaat dibanding ilmu-ilmu para Nabi sebelumnya. Hingga pula melebihi kemanfaatan ilmu Nabi Nuh 'alaihis salam pun yang tinggal bersama kaumnya selama 950 tahun, mengajak mereka beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala semata, dan tidak menyekutukan-Nya, serta taat kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala saat malam dan siang, pagi dan petang.

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Bidayatu As-Suul fi Tafdili Ar-Rasul, Penulis: Imam Ibnu Abdussalam As-Sulami Asy-Syafi'i Ad-Dimasyqi, Pentahqiq: Imam Muhammad Nashiruddin Al-Albani, Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun, Judul Terjemahan: Kemuliaan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam, Penerjemah: Muhammad Iqbal Kadir, Editor: Ahmad Taufiq Abdurrahman, Sri Yulyastuti, Penerbit: Najla Press, Jakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, September 2004 M.

===

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog