Skip to main content

Kemuliaan Rasulullah (20)

Bidayatu As-Suul fi Tafdili Ar-Rasul.

Kemuliaan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam.

Imam Ibnu Abdussalam As-Sulami Asy-Syafi'i Ad-Dimasyqi.

Imam Muhammad Nashiruddin Al-Albani.

Muhammad Iqbal Kadir.

Adapun pendapat Ibnu Hajar dalam kitabnya "Fath Al Bari" (11/354) yang menentang pendapat Ibnu Taimiyyah tersebut, adalah kurang mendasar. Karena penambahan kebenaran sebuah hadits adalah apabila hadits tersebut diriwayatkan dari sumber yang tidak bertentangan dengan otentisitas riwayat yang sesungguhnya yang lebih otentik ataupun lebih populer (banyak) diriwayatkan oleh para ahli riwayat.

Semua ini jelas, dan tidak perlu diperdebatkan lagi.

Sementara hadits ini adalah yang dinukil oleh As-Suyuthi (3/449) dari pengarang teks asli buku ini Ibnu Abdussalam As-Sulami Asy-Syafi'i Ad-Dimasyqi.

o. Telaga Al Kautsar.

22. Di dalam Surga terdapat Al Kautsar (nikmat yang banyak) yang dikaruniakan kepada Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam, dan Haudh (telaga) yang diberikan kepada beliau saat sedang berada di mauqif (telaga yang berada sebelum Shiraathal Mustaqiim).

Albani mengomentari bahwa ungkapan Al Kautsar yang dimaksud di atas, telah disebutkan dalam firman Allah Subhanahu wa Ta'ala, "Sesungguhnya Kami telah memberimu (Muhammad) Al Kautsar." (QS. Al Kautsar (108): 1)

Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhu dalam menafsirkan kata "Al Kautsar" dengan kenikmatan berlimpah yang dikaruniakan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala kepada Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam. Dan makna ini tidak menyalahkan ucapan Aisyah radhiyallahu 'anhuma (berdasarkan riwayat Bukhari) yang menafsirkan makna kata "Al Kautsar" ini dengan sebuah sungai yang akan diberikan kepada Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam yang pada kedua tepinya terdapat mutiara yang berserakan, dengan bejana yang banyak sebanyak bintang di langit.

Albani menilai bahwa penafsiran tersebut tidak menafikan substansi makna "Al Kautsar" secara umum, karena sungai tersebut adalah karunia berlimpah yang diberikan kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa Sallam. Dan banyak sekali hadits yang berkenaan dengan topik ini, yang dapat ditemukan di dalam riwayat Bukhari dan Muslim, seperti di dalam sebuah hadits yang dinukil dari Anas radhiyallahu 'anhu, dia berkata, "Ketika Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam di-mi'raj-kan ke langit beliau bersabda, 'Aku mendatangi sebuah sungai yang kedua tepinya terdapat setumpuk mutiara yang berserakan. Lalu aku bertanya, 'Wahai Jibril, apakah ini?' Dia menjawab, 'Inilah Al Kautsar.'" (HR. Bukhari 8/562). Dapat ditemukan di dalam kitab "Hadi Al Arwah ila Bilad Al Afrah" karya Ibnu Qayyim 1/283-287.

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Bidayatu As-Suul fi Tafdili Ar-Rasul, Penulis: Imam Ibnu Abdussalam As-Sulami Asy-Syafi'i Ad-Dimasyqi, Pentahqiq: Imam Muhammad Nashiruddin Al-Albani, Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun, Judul Terjemahan: Kemuliaan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam, Penerjemah: Muhammad Iqbal Kadir, Editor: Ahmad Taufiq Abdurrahman, Sri Yulyastuti, Penerbit: Najla Press, Jakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, September 2004 M.

===

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog