Skip to main content

Kemuliaan Rasulullah (19)

Bidayatu As-Suul fi Tafdili Ar-Rasul.

Kemuliaan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam.

Imam Ibnu Abdussalam As-Sulami Asy-Syafi'i Ad-Dimasyqi.

Imam Muhammad Nashiruddin Al-Albani.

Muhammad Iqbal Kadir.

Lihat kitab "Shahih Al Jami Ash Shaghir" no. 7926-7927. Juga, lihat hadits yang dinukil dari Abu Umamah radhiyallahu 'anhu yang di dalamnya terdapat penegasan akan keutamaan lain daripada hadits-hadits yang dinukil darinya dengan lafadz,

"Tuhanku menjanjikan kepadaku bahwa akan masuk Surga di antara umatku sebanyak 70 ribu orang tanpa harus terkena jerat hisab ataupun siksaan. Dalam setiap kelipatan seribu tersebut, terdapat 70 ribu orang. Ditambah dengan 3 kecenderungan (kebijakan khusus) dari-Nya." (HR. Tirmidzi (2439), Ibnu Majah (3286), Ahmad (5/268), dengan sanad yang shahih serta ditambah dengan sebuah jalur riwayat lainnya. (5/250))

Hadits ini juga dapat ditemukan di kitab "As-Sunnah" karya Ibnu Abu 'Ashim yang dinilai keshahihannya oleh Ibnu Hajar yang dianalisanya dalam kitab "Dhilal Al Jannah" (814). Serta riwayat lainnya dari hadits Abu Hurairah dan Anas radhiyallahu 'anhuma yang dinukil oleh Imam Ahmad (2/359, dan 3/165, 193).

Ulasan.

Pada hadits Imran bin Hushain dan Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhum, ditambahkan dengan lafadz,

"(Mereka yang akan masuk Surga tanpa hisab adalah) orang-orang yang tidak mencuri, tidak bercerai-berai, tidak mendendam, dan kepada Tuhannya mereka bertawakal."

Imam Muslim menambahkan redaksi hadits ini dengan lafadz, "... Mereka adalah yang suka menolak kebenaran sebuah hadits, dan tidak suka mencuri."

Ibnu Taimiyyah di dalam beberapa fatwa dan usahanya mendirayah hadits, mendha'ifkan penambahan lafadz ini. Tetapi dia tidak menjelaskan secara rinci mengenai alasan penolakannya tersebut (lihat kitab karyanya "Majmu' Al Fatawa"). Akan tetapi dia sedikit mengulas sindiran tentang hadits ini.

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Bidayatu As-Suul fi Tafdili Ar-Rasul, Penulis: Imam Ibnu Abdussalam As-Sulami Asy-Syafi'i Ad-Dimasyqi, Pentahqiq: Imam Muhammad Nashiruddin Al-Albani, Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun, Judul Terjemahan: Kemuliaan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam, Penerjemah: Muhammad Iqbal Kadir, Editor: Ahmad Taufiq Abdurrahman, Sri Yulyastuti, Penerbit: Najla Press, Jakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, September 2004 M.

===

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog