Skip to main content

Kemuliaan Rasulullah (10)

Bidayatu As-Suul fi Tafdili Ar-Rasul.

Kemuliaan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam.

Imam Ibnu Abdussalam As-Sulami Asy-Syafi'i Ad-Dimasyqi.

Imam Muhammad Nashiruddin Al-Albani.

Muhammad Iqbal Kadir.

Albani mengomentari:

"Penulis ingin merujuk kepada hadits Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam,

"Barangsiapa yang melakukan sebuah sunnah yang baik dalam Islam. Maka dia akan menuai ganjarannya. Dan ganjaran dari orang yang ikut mengamalkannya tanpa mengurangi pahalanya sedikitpun." (HR. Muslim dan lain-lain dari hadits Jarir bin Abdullah Al Bujali radhiyallahu 'anhu)

Hadits ini telah ditakhrij dalam kitab "Ahkam Al Janaiz", halaman 176, cetakan Maktabah Islami.

Tingkatan keutamaan seperti ini tidak dimiliki oleh seorang Nabi pun selain beliau Shallallahu 'alaihi wa Sallam.

Dalam sebuah hadits disebutkan,

"Makhluk adalah tanggungan Allah, dan yang paling dicintai oleh-Nya adalah yang paling bermanfaat bagi keluarganya."

Komentar Albani:

"Menurut hemat saya, hadits ini memiliki sanad yang lemah sekali meskipun hadits masyhur. Hal ini seperti yang telah saya jelaskan dalam kitab "Silsilah Al Ahadits Adh-Dha'ifah", no. 3591, dan kitab "Ar-Randha An-Nadhir" (1/433-434). Dalam hubungan dengan hadits sepertinya akan cukup jelas dalam Jabir bin Abdullah radhiyallahu 'anhu yang diriwayatkan secara marfu' dengan lafazh,

"Sebaik-baik manusia ialah yang paling bermanfaat bagi orang lain."

Derajat hadits ini adalah hasan seperti yang telah saya jelaskan dalam kitab "Silsilah Al Ahadits Adh-Dha'ifah" no. 426. Seandainya saja penulis menggantinya dengan hadits ini, tentunya akan lebih baik.

Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam memiliki keutamaan pada dirinya untuk memberi manfaat kepada seluruh penghuni Surga, sedangkan para Nabi lain yang hanya dapat memberi manfaat kepada beberapa bagian saja dari keseluruhan penghuni Surga.

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Bidayatu As-Suul fi Tafdili Ar-Rasul, Penulis: Imam Ibnu Abdussalam As-Sulami Asy-Syafi'i Ad-Dimasyqi, Pentahqiq: Imam Muhammad Nashiruddin Al-Albani, Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun, Judul Terjemahan: Kemuliaan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam, Penerjemah: Muhammad Iqbal Kadir, Editor: Ahmad Taufiq Abdurrahman, Sri Yulyastuti, Penerbit: Najla Press, Jakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, September 2004 M.

===

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog