Skip to main content

Syarah Kasyfu Syubuhat 70

Syarh Kasyf Asy Syubuhaat.

Syarah Kasyfu Syubuhat Membongkar Akar Kesyirikan.

Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah.

Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rahimahullah.

Fahd bin Nashir bin Ibrahim As-Sulaiman.

Bayu Abdurrahman.

Mereka memiliki syubhat yang lain [1] yakni berkenaan dengan kisah Nabi Ibrahim 'alaihis salam tatkala dilemparkan ke dalam api. Ketika itu Jibril 'alaihis salam menawarkan kepadanya bantuan dengan mengatakan, "Apakah engkau perlu bantuan?" Maka Ibrahim berkata, "Adapun kepadamu, saya sama sekali tidak butuh." Mereka mengatakan, "Seandainya istighatsah kepada Jibril itu syirik, niscaya Jibril 'alaihis salam tidak menawarkannya kepada Ibrahim?" Kita jawab, "Ini termasuk jenis syubhat yang pertama. Jibril 'alaihis salam menawarkan bantuan kepada Ibrahim 'alaihis salam dalam perkara yang Jibril 'alaihis salam mampu melaksanakannya, karena sebagaimana Allah Subhanahu wa Ta'ala firmankan, "Dia sangat kuat." (QS. An Najm: 5)

Asal Allah mengizinkannya untuk mengambil api yang membakar Ibrahim 'alaihis salam, tanah atau gunung yang ada di sekitarnya lalu melemparkannya ke barat dan ke timur, niscaya dia mampu mengerjakan. Kalau Allah memerintahkannya untuk memindahkan Ibrahim 'alaihis salam ke tempat yang jauh dari mereka niscaya dia mampu mengerjakan. Kalau saja Jibril 'alaihis salam diperintahkan untuk mengangkatnya ke langit niscaya akan dilakukannya.

Hal ini sebagaimana seorang laki-laki kaya raya yang memiliki banyak harta melihat ada orang lain yang membutuhkan, lalu dia menawarkan kepada orang yang membutuhkan untuk menghutanginya atau dia memberikannya sesuatu untuk memenuhi kebutuhannya. Akan tetapi, orang itu menolaknya dan ingin bersabar saja hingga Allah mendatangkan rezeki kepadanya, sehingga tidak berhutang budi kepada orang lain. Manakah kesamaan antara permintaan tolong dalam kisah Ibrahim ('alaihis salam) di atas dengan permintaan tolong dalam ibadah dan kesyirikan yang mereka kerjakan, jika mereka benar-benar orang yang memahami?

Penjelasan.

[1] Jawaban dari syubhat ini adalah bahwa Jibril menawarkan sesuatu yang mungkin dia laksanakan. Kalau seandainya Allah izinkan Jibril, niscaya dia akan memberikan kepada Ibrahim ('alaihis salam) kekuatannya yang telah diberikan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala kepadanya, karena Jibril sebagaimana disebutkan Allah Subhanahu wa Ta'ala, "Sangat kuat". Seandainya Allah memerintahkannya untuk mengambil api yang membakar Ibrahim dan juga apa-apa yang ada di sekelilingnya lalu melemparkannya ke barat dan ke timur, niscaya dia akan sanggup melakukannya. Seandainya Allah memerintahkannya untuk membawa Ibrahim ke tempat yang jauh dari mereka, niscaya dia akan sanggup melakukannya. Dan kalau seandainya Allah perintahkan dia untuk mengangkatnya ke langit, dia pun akan mampu melaksanakannya.

Kemudian Syaikh rahimahullah memberikan permisalan ini dengan seorang laki-laki yang kaya yang datang kepada seorang yang fakir dan berkata, "Apakah engkau memerlukan harta? Berupa hutang atau pemberian atau yang lain?" Apa yang dia tawarkan itu adalah sesuatu yang sanggup dia berikan dan yang demikian itu tidak terhitung sebagai syirik. Kalau orang fakir ini mengatakan, "Iya saya membutuhkan, pinjami saya atau beri saya," tidaklah kemudian ia menjadi musyrik.

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Syarh Kasyf Asy Syubuhaat wa Yaliihi Syarh Al Ushul 'alaihis salam Sittah, Penulis Matan: Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab, Penulis Syarah: Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin, Penerbit: Dar Ats Tsarayya, Kerajaan Saudi Arabia, Tanpa Keterangan Cetakan, Tahun: 1416 H/ 1996 M, Judul Terjemahan: Syarah Kasyfu Syubuhat Membongkar Akar Kesyirikan dilengkapi Syarah Ushulus Sittah, Penerjemah: Bayu Abdurrahman, Penerbit: Media Hidayah, Jogjakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, Rabi'uts Tsani 1425 H/ Juni 2004 M.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog