Skip to main content

Syarah Kasyfu Syubuhat 60

Syarh Kasyf Asy Syubuhaat.

Syarah Kasyfu Syubuhat Membongkar Akar Kesyirikan.

Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah.

Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rahimahullah.

Fahd bin Nashir bin Ibrahim As-Sulaiman.

Bayu Abdurrahman.

Katakan juga, [1] "Jika orang-orang dahulu tidak dikafirkan kecuali karena mereka menyatukan antara berbuat syirik dengan mendustakan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam, mendustakan Al Qur'an, mengingkari hari kebangkitan, dan yang lainnya, kalau begitu apa gunanya para ulama dalam setiap mazhab membuat bab tentang hukum orang murtad? Murtad ialah seseorang yang dikafirkan setelah masuk Islam. Mereka menyebutkan beberapa macam murtad. Setiap macam dihukumi kafir dan menjadikan darah dan harta pelakunya halal. Sampai-sampai mereka menyebutkan beberapa perkara penyebab kekafiran yang biasa terjadi dan dilakukan orang, seperti mengucapkan kalimat kekufuran hanya dengan lisannya tanpa ada keyakinan hati atau kalimat yang diucapkannya dengan bergurau dan bermain-main."

Penjelasan.

[1] Ini sebagai jawaban yang keenam. Perkataan tersebut menjelaskan bahwa apabila orang-orang terdahulu dikafirkan hanya lantaran terkumpul pada mereka beberapa macam perkara kekafiran seperti: syirik, pendustaan dan kesombongan (terhadap Allah dan Rasul), lalu apa gunanya mereka menyebutkan jenis-jenis kekafiran dalam bab "Hukum Orang Murtad". Setiap macam dihukumi kafir. Mereka juga menyebut beberapa perkara yang ringan seperti kalimat yang diucapkan dengan lisannya tanpa keyakinan hati atau kalimat yang diucapkannya dengan bergurau atau bermain-main. Kalau kekafiran itu tidak bisa terjadi karena seseorang melakukan satu macam perkara saja sekalipun dia benar pada perkara-perkara yang lain, maka tidak ada faedahnya para ulama menyebutkan beberapa perkara yang menyebabkan seseorang menjadi kafir tersebut. Berkata Syaikh rahimahullah, "Dan di antara perkara yang membantah syubhat mereka adalah, para fuqaha dalam setiap mazhab menyebutkan dalam kitab-kitabnya bab "Hukum Orang Murtad" dan beberapa perkara yang bisa menyebabkan seseorang murtad, bahkan mereka menyebutkan bahwa kalimat yang diucapkan oleh manusia dengan lisannya tanpa keyakinan hati atau mengucapkannya karena bercanda pun bisa menyebabkan mereka dikafirkan dan dikeluarkan dari Islam. Berikut ini penjelasan hal tersebut, sehingga akan semakin jelas dan terang.

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Syarh Kasyf Asy Syubuhaat wa Yaliihi Syarh Al Ushul 'alaihis salam Sittah, Penulis Matan: Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab, Penulis Syarah: Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin, Penerbit: Dar Ats Tsarayya, Kerajaan Saudi Arabia, Tanpa Keterangan Cetakan, Tahun: 1416 H/ 1996 M, Judul Terjemahan: Syarah Kasyfu Syubuhat Membongkar Akar Kesyirikan dilengkapi Syarah Ushulus Sittah, Penerjemah: Bayu Abdurrahman, Penerbit: Media Hidayah, Jogjakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, Rabi'uts Tsani 1425 H/ Juni 2004 M.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog