Skip to main content

Syarah Kasyfu Syubuhat 49

Syarh Kasyf Asy Syubuhaat.

Syarah Kasyfu Syubuhat Membongkar Akar Kesyirikan.

Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah.

Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rahimahullah.

Fahd bin Nashir bin Ibrahim As-Sulaiman.

Bayu Abdurrahman.

Kemudian tanyakan kepada mereka, "Apa makna beribadah kepada patung-patung? Coba jelaskan kepadaku!" [1] Kalau dia berkata, "Saya tidak beribadah kecuali kepada Allah semata." Maka tanyakan, "Apa makna beribadah kepada Allah semata, jelaskan kepadaku!" Kalau dia menjelaskannya sesuai dengan yang dijelaskan Al Qur'an, maka itulah yang kita kehendaki. Kalau dia tidak mengetahuinya, bagaimana dia mendakwahkan sesuatu yang dia sendiri tidak tahu?

Apabila dia menafsirkannya tidak sesuai dengan maknanya, maka jelaskan kepadanya ayat-ayat yang menerangkan makna syirik kepada Allah dan beribadah kepada patung-patung serta jelaskan kepadanya bahwa hal itulah yang dilakukan sebagian orang di zaman ini.

Dan ketahuilah bahwa beribadah semata-mata kepada Allah dan tidak menyekutukan-Nya sedikit pun adalah perkara yang mereka ingkari secara keras sebagaimana dilakukan oleh saudara-saudara mereka yang mengatakan:

"Apakah dia hendak menjadikan tuhan-tuhan yang banyak ini menjadi Tuhan yang satu saja? Sungguh ini adalah sesuatu yang mengherankan." (QS. Shad: 5)

Penjelasan.

[1] Yakni jelaskan pula kepadanya bahwa beribadah kepada Allah saja adalah perkara yang mereka ingkari secara keras sebagaimana yang pernah dilakukan oleh pendahulu mereka kepada Rasul Shallallahu 'alaihi wa Sallam,

"Mengapa ia (Muhammad) hendak menjadikan tuhan-tuhan yang banyak ini menjadi Tuhan yang satu saja? Sesungguhnya ini benar-benar suatu hal yang sangat mengherankan." Dan pergilah pemimpin-pemimpin mereka (seraya berkata), "Pergilah kamu dan tetaplah (menyembah) tuhan-tuhanmu, sesungguhnya ini benar-benar suatu hal yang dikehendaki (Allah). Kami tidak pernah mendengar hal ini pada agama yang terakhir; ini (mengesakan Allah) tidak lain hanyalah (dusta) yang diada-adakan." (QS. Shad: 5-7)

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Syarh Kasyf Asy Syubuhaat wa Yaliihi Syarh Al Ushul 'alaihis salam Sittah, Penulis Matan: Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab, Penulis Syarah: Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin, Penerbit: Dar Ats Tsarayya, Kerajaan Saudi Arabia, Tanpa Keterangan Cetakan, Tahun: 1416 H/ 1996 M, Judul Terjemahan: Syarah Kasyfu Syubuhat Membongkar Akar Kesyirikan dilengkapi Syarah Ushulus Sittah, Penerjemah: Bayu Abdurrahman, Penerbit: Media Hidayah, Jogjakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, Rabi'uts Tsani 1425 H/ Juni 2004 M.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog