Skip to main content

Pendahuluan Muhaqqiq (4) | Kemuliaan Rasulullah

Bidayatu As-Suul fi Tafdili Ar-Rasul.

Kemuliaan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam.

Imam Ibnu Abdussalam As-Sulami Asy-Syafi'i Ad-Dimasyqi.

Imam Muhammad Nashiruddin Al-Albani.

Muhammad Iqbal Kadir.

c. Kronologi Penyusunan.

Beberapa tahun lalu, saya telah meringkas kitab "Asy-Syamail Al-Muhammadiyyah" karya Imam At-Tirmidzi. Dalam buku tersebut saya menyajikan komentar saya seputar hadits-hadits yang termaktub dalam kitab tersebut antara shahih dan dha'if. Ketika itu saya sedang berada di tempat migrasi kami yang baru -yakni negara Oman- dalam kesempatan dan peristiwa yang berbeda, khususnya kesibukan saya saat itu dalam merenovasi kediaman saya yang baru tersebut. Selang beberapa bulan kemudian setelah saya menetap di Oman, saya dikejutkan dengan sesuatu yang memaksa saya untuk meninggalkan Oman dan keluarga saya untuk -dengan terpaksa- kembali ke lokasi migrasi awal saya (Damaskus). Saya tinggal dua hari di sana, kemudian hijrah ke Libanon yang penuh dengan hiruk-pikuk serta keterbatasan transportasi yang ada di sana.

Ketika saya telah menemukan ketenangan jiwa, saya memulai kembali sedikit demi sedikit kegiatan ilmiah saya, yaitu menelaah dan menyusun buku di perpustakaan milik Bapak Zuhair Asy-Syuwaisy yang banyak menyimpan beberpaa referensi dan kebanyakan tidak didapati di perpustakaan saya di Damaskus. Saya telaah dengan seksama, termasuk materi dalam makalah yang saya temukan.

Saya berkonsentrasi menghabiskan waktu untuk menyelesaikan tugas saya ini, kendati demikian, saya dikejutkan dengan berita wafatnya saudara Naji Abu Ahmad di musim yang cukup mengguncang bathin saya ketika saya dalam proses pertengahan penyelesaian itu. Selanjutnya saya melewati waktu dalam menyelesaikannya dengan hati duka, dengan bersabar atas musibah yang menimpa ini. Karena dia adalah teman dan saudara terbaik saya, yang tulus, selalu mendukung dakwah saya, dan penuh semangat dalam menyebarkan dakwah.

Semoga dia akan selalu dirahmati oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala. Teman-temannya, anak-anak cucu, ipar yang ditinggalkannya semoga diberikan kesabaran atas musibah ini. Semoga mereka yang ditinggalkannya akan menjadi orang-orang terbaik bagi umat ini, hingga kelak bersamanya di bawah naungan penghulu anak Adam, Muhammad Shallallahu 'alaihi wa Sallam.

"(Yaitu) di hari harta dan anak-anak laki-laki tidak berguna." (QS. Asy-Syu'araa (26): 88)

Saya telah menyimpang jauh dari topik awal pembicaraan kita, saya serahkan apa yang akan terjadi kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Dan mari kita kembali ke pembahasan kita semula.

Anda sekalian telah mengetahui dari pembahasan sebelumnya, bahwa cinta Allah Subhanahu wa Ta'ala tidak dapat diraih kecuali dengan mengikuti dan meneladani Nabi-Nya Shallallahu 'alaihi wa Sallam. Oleh sebab itu, tingkatkanlah tekad untuk menggapainya, kerahkan dan korbankanlah segala yang anda miliki, agar anda dapat selalu berada di jalannya.

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Bidayatu As-Suul fi Tafdili Ar-Rasul, Penulis: Imam Ibnu Abdussalam As-Sulami Asy-Syafi'i Ad-Dimasyqi, Pentahqiq: Imam Muhammad Nashiruddin Al-Albani, Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun, Judul Terjemahan: Kemuliaan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam, Penerjemah: Muhammad Iqbal Kadir, Editor: Ahmad Taufiq Abdurrahman, Sri Yulyastuti, Penerbit: Najla Press, Jakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, September 2004 M.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog