Skip to main content

Syarah Ushulus Sittah (1/2)

Syarh Al Ushul As Sittah.

Syarah Ushulus Sittah.

Penjelasan Enam Landasan Utama.

Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah.

Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rahimahullah.

Bayu Abdurrahman.

Kami tidak mengatakan lafadz 'Allah' dalam ayat di atas sebagai sifat, tetapi sebagai athaf bayan (penjelas), agar lafadz tersebut tidak berfungsi sebagai tabi' seperti dalam na'at dan man'ut. Para ulama mengatakan bahwa lafadz ma'rifat terjelas di antara lafadz-lafadz yang ma'rifat adalah lafadz 'Allah'. Hal itu karena ketika disebut nama 'Allah' maka tidak ada lagi yang dimaksud melainkan Allah Yang Maha Perkasa lagi Mahatinggi.

Ar Rahman adalah nama di antara nama-nama khusus bagi Allah. Nama tersebut hanya boleh dipakai untuk Allah saja. Ar Rahman bermakna yang memiliki rahmat (kasih sayang) yang luas.

Ar Rahim adalah nama yang boleh dipakai untuk Allah dan juga untuk selain-Nya. Ar Rahim maksudnya adalah yang memiliki rahmat (kasih sayang) yang terus menerus, sedang Ar Rahman adalah yang memiliki rahmat (kasih sayang) yang luas. Apabila kedua nama itu digabung menjadi Ar Rahman Ar Rahim, maka maksudnya: Ar Rahman yang memberikan rahmat-Nya kepada siapa saja yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya, sejalan dengan firman Allah:

"Dia mengazab siapa saja yang Dia kehendaki dan memberi rahmat kepada siapa saja yang Dia kehendaki. Dan hanya kepada-Nyalah engkau akan dikembalikan." (QS. Al Ankabut: 21)

Perkataan beliau: "Di antara perkara yang sangat menakjubkan dan sekaligus sebagai tanda yang sangat besar atas kekuasaan Allah adalah enam landasan utama yang telah Allah terangkan."

Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah memiliki kesungguhan untuk menulis risalah-risalah ringkas yang dapat dipahami oleh orang-orang awam dan para penuntut ilmu. Di antaranya adalah risalah ini (Enam Landasan Utama) yakni:

Landasan Pertama: Ikhlas dan penjelasan lawannya yakni syirik.

Landasan Kedua: Bersatu di atas agama dan larangan bercerai berai.

Landasan Ketiga: Mendengar dan taat kepada para pemegang kekuasaan.

Landasan Keempat: Penjelasan tentang ilmu dan ulama, fikih dan ahli fikih dan orang-orang yang menyerupai mereka tetapi bukan termasuk mereka.

Landasan Kelima: Penjelasan tentang siapa wali-wali Allah.

Landasan Keenam: Bantahan terhadap syubhat yang dilontarkan oleh setan yang berisi ajakan untuk meninggalkan Al Qur'an dan As Sunnah.

Enam perkara ini merupakan pokok atau landasan penting yang perlu diperhatikan. Dengan memohon bantuan Allah Ta'ala kami berusaha memberi penjelasan dan komentar terhadap landasan ini. Semoga Allah memberi kemudahan.

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Syarh Kasyf Asy Syubuhaat wa Yaliihi Syarh Al Ushul 'alaihis salam Sittah, Penulis Matan: Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab, Penulis Syarah: Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin, Penerbit: Dar Ats Tsarayya, Kerajaan Saudi Arabia, Tanpa Keterangan Cetakan, Tahun: 1416 H/ 1996 M, Judul Terjemahan: Syarah Kasyfu Syubuhat Membongkar Akar Kesyirikan dilengkapi Syarah Ushulus Sittah, Penerjemah: Bayu Abdurrahman, Penerbit: Media Hidayah, Jogjakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, Rabi'uts Tsani 1425 H/ Juni 2004 M.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog