Skip to main content

Syarah Kasyfu Syubuhat 34

Syarh Kasyf Asy Syubuhaat.

Syarah Kasyfu Syubuhat Membongkar Akar Kesyirikan.

Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah.

Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rahimahullah.

Fahd bin Nashir bin Ibrahim As-Sulaiman.

Bayu Abdurrahman.

Akan tetapi karena saya ini orang yang berdosa dan orang-orang shalih itu orang yang memiliki kedudukan di sisi Allah, maka saya memohon kepada Allah dengan perantaraan mereka. Jawablah perkataan tersebut sebagaimana yang dijelaskan di depan, yaitu bahwa orang-orang yang diperangi Rasulullah (Shallallahu 'alaihi wa Sallam) mengakui apa yang engkau sebutkan. Mereka juga mengakui bahwa berhala-berhala mereka tidak dapat mengatur alam semesta sedikit pun. Yang mereka harapkan dari berhala-berhala tersebut adalah kedudukan dan syafa'atnya (pertolongannya) [1]. Dan bacakan kepada mereka dalil-dalil yang sudah disebutkan oleh Allah dalam Kitab-Nya, [2] serta sudah diperjelas oleh-Nya.

Penjelasan.

[1] Perkataan, "Akan tetapi karena saya ini orang yang berdosa..." berasal dari orang yang suka melontarkan syubhat.

Untuk membantah mereka, kita cukup mengatakan, "Orang-orang musyrik dahulu juga melontarkan perkataan ini, tetapi mereka tetap diperangi oleh Rasulullah (Shallallahu 'alaihi wa Sallam), dihalalkan darah dan hartanya, dan wanita-wanitanya boleh dijadikan tawanan perang. Hal ini karena mereka hanya meyakini tauhid rububiyah.

[2] "Dan bacakan kepada mereka dalil-dalil yang sudah disebutkan..." Maksudnya adalah, "Bacakan kepada mereka (yang melontarkan syubhat ini, -ed.) ayat-ayat Al Qur'an yang menerangkan tauhid uluhiyah. Tauhid yang merupakan pembahasan utama dalam Al Qur'an. Dan hal itu disebutkan berulang kali agar tertanam kuat dalam hati manusia dan tak ada lagi alasan untuk menyelisihinya."

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,

"Setiap kali Kami mengutus Rasul-rasul sebelum engkau, pasti Kami wahyukan kepada mereka, 'Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Aku. Oleh karena itu, sembahlah Aku.'" (QS. Al Anbiya: 25)

Allah juga berfirman,

"Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku." (QS. Adz Dzariyat: 56)

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,

"Allah menyatakan bahwa tidak ada Ilah (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang menegakkan keadilan. Para Malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tidak ada Ilah (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang Mahaperkasa, lagi Mahabijaksana." (QS. Ali 'Imran: 18)

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,

"Dan Ilah kalian adalah Ilah yang satu, Tidak ada Ilah yang berhak disembah melainkan Dia Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang." (QS. Al Baqarah: 163)

Dan juga berfirman,

"Maka sembahlah Aku saja." (QS. Al 'Ankabut: 56)

Masih banyak ayat yang menerangkan kewajiban beribadah hanya kepada Allah, tidak kepada selain-Nya. Mereka yang beribadah hanya kepada Allah berarti telah melaksanakan perintah Allah Subhanahu wa Ta'ala, sedangkan yang beribadah kepada selain-Nya, digolongkan sebagai orang-orang yang sombong lagi keras kepala, sebagaimana disebutkan dalam firman Allah,

"Dan mereka mengingkarinya karena kezaliman dan kesombongan, padahal hati mereka meyakini (kebenaran)nya. Maka perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang berbuat kebinasaan." (QS. An Naml: 14)

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Syarh Kasyf Asy Syubuhaat wa Yaliihi Syarh Al Ushul 'alaihis salam Sittah, Penulis Matan: Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab, Penulis Syarah: Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin, Penerbit: Dar Ats Tsarayya, Kerajaan Saudi Arabia, Tanpa Keterangan Cetakan, Tahun: 1416 H/ 1996 M, Judul Terjemahan: Syarah Kasyfu Syubuhat Membongkar Akar Kesyirikan dilengkapi Syarah Ushulus Sittah, Penerjemah: Bayu Abdurrahman, Penerbit: Media Hidayah, Jogjakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, Rabi'uts Tsani 1425 H/ Juni 2004 M.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog