Skip to main content

Syarah Kasyfu Syubuhat 29

Syarh Kasyf Asy Syubuhaat.

Syarah Kasyfu Syubuhat Membongkar Akar Kesyirikan.

Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah.

Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rahimahullah.

Fahd bin Nashir bin Ibrahim As-Sulaiman.

Bayu Abdurrahman.

Sebagian ahli tafsir mengatakan bahwa ayat ini berlaku umum meliputi semua hujjah yang akan didatangkan oleh ahlu batil sampai hari Kiamat. Aku akan menyebutkan beberapa bantahan yang disebutkan oleh Allah dalam Kitab-Nya sebagai jawaban atas hujjah orang-orang musyrik kepada kami pada zaman ini. [1]

Penjelasan.

[1] Syaikh rahimahullah mengatakan bahwa hujjah ahlu tauhid lebih jelas dan lebih terang daripada hujjah mereka yang bukan ahlu tauhid, walaupun mereka yang mempunyai kepandaian bicara dan menjelaskan sesuatu. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,

"Dan tidaklah mereka mendatangkan kepadamu sesuatu yang ganjil melainkan Kami datangkan kepadamu sesuatu yang benar dan lebih baik penjelasannya."

Yakni, tatkala mereka mendatangkan kepadamu sesuatu yang ganjil untuk membantahmu dan mencampur-adukkan yang benar dengan yang batil, pasti Kami datangkan kepadamu sesuatu yang benar dan lebih baik penjelasannya. Oleh karena itu, kita dapati banyak sekali ayat Al Qur'an yang merupakan jawaban Allah Subhanahu wa Ta'ala dari pertanyaan-pertanyaan orang-orang musyrik dan semisalnya untuk menjelaskan kepada manusia ajaran yang benar sehingga kebenaran itu menjadi jelas bagi setiap orang.

Akan tetapi, ada perkara yang wajib dipahami dengan benar, yakni tidak boleh kita masuk ke dalam perdebatan dengan seseorang sebelum kita mengetahui dengan benar hujjah orang tersebut sehingga kita memiliki kesiapan untuk menolak dan membantahnya. Apabila kita masuk perdebatan tanpa ada persiapan seperti itu, maka akibat yang buruk pun akan menimpa kita, kecuali Allah menghendaki lain. Ibaratnya seperti seseorang yang hendak masuk ke medan pertempuran melawan musuh, tentu dia perlu senjata dan keberanian.

Kemudian Syaikh rahimahullah menyebutkan bahwa beliau akan menjelaskan dalamnya ini hujjah-hujjah (yang sebenarnya syubhat-syubhat) yang biasa dipakai oleh orang-orang musyrik dalam menghadapi beliau. Beliau singkap semua syubhat yang penuh dengan kerancuan dan pemutarbalikan kebenaran.

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Syarh Kasyf Asy Syubuhaat wa Yaliihi Syarh Al Ushul 'alaihis salam Sittah, Penulis Matan: Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab, Penulis Syarah: Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin, Penerbit: Dar Ats Tsarayya, Kerajaan Saudi Arabia, Tanpa Keterangan Cetakan, Tahun: 1416 H/ 1996 M, Judul Terjemahan: Syarah Kasyfu Syubuhat Membongkar Akar Kesyirikan dilengkapi Syarah Ushulus Sittah, Penerjemah: Bayu Abdurrahman, Penerbit: Media Hidayah, Jogjakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, Rabi'uts Tsani 1425 H/ Juni 2004 M.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog