Skip to main content

Syarah Al-Qawa'id Al-Arba' (6/3)

Syarah Al-Qawa'id Al-Arba' (Syarah Mutun Al-Aqidah).

Syarah Al-Qawa'id Al-Arba'.

Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah.

Syaikh Saad bin Nashir Asy-Syatsriy hafizhahullah (Dewan Penasihat Kerajaan Saudi Arabia dan Mantan Anggota Haiah Kibaril Ulama).

Muflih Safitra.

Syarah (Penjelasan) Al-Qawa'id Al-Arba' (6/3).

* "أن تعلم أنّ الكفّار الذين قاتلهم رسول اللّه صلى اللّه عليه وسلم يقرّون بأنّ اللّه تعالى هو الخالق المدبّر" (Ketahuilah bahwa orang-orang kafir yang diperangi oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam juga mengakui bahwa Allah itu Maha Pencipta lagi Maha Mengatur segala urusan.

Orang-orang kafir yang hidup di zaman Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam dan diperangi oleh beliau juga mengakui bahwa Allah-lah yang menciptakan mereka, dan segala hal yang mereka kerjakan, menciptakan semua makhluk seperti jin dan manusia, benda mati dan benda hidup, yang ada di darat dan di laut. Mereka mengakui bahwa Allah Subhanahu wa Ta'ala yang menciptakan itu semua. Akan tetapi, pengakuan mereka tersebut tidak membuat mereka dianggap masuk ke dalam Islam.

Orang-orang kafir tersebut juga mengakui bahwa Allah Subhanahu wa Ta'ala yang Maha Memberi Rezeki dan Maha Mengatur segala urusan. Penulis membawakan dalil dari Al-Qur'an:

"Katakanlah, 'Siapakah yang memberimu rezeki dari langit dan bumi?'" (QS. Yunus [10]: 31)

Maksudnya Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman, "Wahai para Nabi dan para pengikutnya, tanyakanlah kepada mereka, siapa yang memberi mereka rezeki dari langit dan bumi? Siapa yang mengantarkan rezeki itu kepada mereka? Siapa yang menciptakan rezeki itu dan mengaturnya untuk mereka hingga sampai kepada mereka dari langit dan bumi? Sebagian rezeki itu ada yang berada di bumi, seperti harta karun yang ada dalam perut bumi dan juga pertanian, dan sebagian lagi turun dari langit, seperti hujan dan yang lainnya."

* "أمّن يملك السمع والأنصار" (...atau siapa yang kuasa (menciptakan) pendengaran dan penglihatan?).

Maksudnya Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman, "Tanyakan pula kepada mereka siapa yang menciptakan pendengaran dan penglihatan, serta berkehendak menganugerahkannya kepada siapapun yang Dia kehendaki dan menahannya dari siapapun yang Dia kehendaki? Siapakah yang menjadikan sebagian manusia bisa melihat dan sebagiannya lagi tidak mampu melihat?

* "ومن يخرج الحيّ من الميّت ويخرج الميّت من الحيّ" (...dan siapakah yang mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup?).

Maknanya Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman bahwa Dia mengeluarkan berbagai ciptaan-Nya yang hidup dari benda mati, seperti mengeluarkan anak burung dari telur. Allah Subhanahu wa Ta'ala pun mengeluarkan yang mati dari yang hidup. Kenyataannya memang banyak makhluk hidup yang mengeluarkan benda mati.

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Syarah Al-Qawa'id Al-Arba' (Syarah Mutun Al-Aqidah), Penulis Matan: Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab, Penulis Syarah: Syaikh Saad bin Nashir Asy-Syatsriy hafizhahullah (Dewan Penasihat Kerajaan Saudi Arabia dan Mantan Anggota Haiah Kibaril Ulama), Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun, Judul Terjemahan: Syarah Al-Qawa'id Al-Arba', Penerjemah: Muflih Safitra, Penerbit: Naashirussunnah, Jakarta - Indonesia, Cetakan ke-1, Rabi'ul Akhir 1437 H/ Februari 2016 M.

===

Wakaf dari Ibu Anny - Jakarta untuk Perpustakaan Baitul Kahfi Tangerang. Semoga Allah menjaganya dan memudahkan segala urusan kebaikannya.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog