Skip to main content

Syarah Al-Qawa'id Al-Arba' (3/4)

Syarah Al-Qawa'id Al-Arba' (Syarah Mutun Al-Aqidah).

Syarah Al-Qawa'id Al-Arba'.

Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah.

Syaikh Saad bin Nashir Asy-Syatsriy hafizhahullah (Dewan Penasihat Kerajaan Saudi Arabia dan Mantan Anggota Haiah Kibaril Ulama).

Muflih Safitra.

Syarah (Penjelasan) Al-Qawa'id Al-Arba' (3/4).

Adalah para Nabi terdahulu apabila menyeru kaumnya akan berkata,

"Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan selain Dia." (QS. Huud [11]: 50)

Dan inilah yang menjadi tujuan diciptakannya makhluk Allah Subhanahu wa Ta'ala (manusia dan jin), sebagaimana dalam firman-Nya:

"Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku." (QS. Adz-Dzariyaat [51]: 56)

* "مَا" (...tidaklah).

Maa di sini adalah maa an-naafiyah (peniadaan). Dengan kata ini ditiadakan segala maksud dan tujuan penciptaan manusia dan jin, kecuali dalam rangka beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala semata.

* "الْجِنَّ" (...jin).

Jin adalah salah satu makhluk Allah Subhanahu wa Ta'ala yang diciptakan dari api. Jin ada yang Mukmin dan ada yang kafir.

* "الْإِ نسَ" (...manusia).

Manusia juga salah satu makhluk Allah Subhanahu wa Ta'ala yang diciptakan dari tanah. Bapak manusia adalah Adam 'alaihis salam. Di antara mereka ada yang Mukmin dan ada yang kafir.

* "إلا ليعبدون" (...melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku).

Ini merupakan penjelasan mengenai tujuan penciptaan jin dan manusia. Pada asalnya, bentuk pengecualian yang datang setelah penafian (peniadaan) memberi faedah al-hashr (pembatasan), seakan-akan Allah membatasi sebab atau tujuan penciptaan jin dan manusia pada peribadatan kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala semata.

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Syarah Al-Qawa'id Al-Arba' (Syarah Mutun Al-Aqidah), Penulis Matan: Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab, Penulis Syarah: Syaikh Saad bin Nashir Asy-Syatsriy hafizhahullah (Dewan Penasihat Kerajaan Saudi Arabia dan Mantan Anggota Haiah Kibaril Ulama), Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun, Judul Terjemahan: Syarah Al-Qawa'id Al-Arba', Penerjemah: Muflih Safitra, Penerbit: Naashirussunnah, Jakarta - Indonesia, Cetakan ke-1, Rabi'ul Akhir 1437 H/ Februari 2016 M.

===

Wakaf dari Ibu Anny - Jakarta untuk Perpustakaan Baitul Kahfi Tangerang. Semoga Allah menjaganya dan memudahkan segala urusan kebaikannya.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog