Skip to main content

Syarah Al-Qawa'id Al-Arba' (3/3)

Syarah Al-Qawa'id Al-Arba' (Syarah Mutun Al-Aqidah).

Syarah Al-Qawa'id Al-Arba'.

Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah.

Syaikh Saad bin Nashir Asy-Syatsriy hafizhahullah (Dewan Penasihat Kerajaan Saudi Arabia dan Mantan Anggota Haiah Kibaril Ulama).

Muflih Safitra.

Syarah (Penjelasan) Al-Qawa'id Al-Arba' (3/3).

Ketiga, ar-raja' (pengharapan), yaitu mengharapkan pahala dan ganjaran dari Allah. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,

"Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berjihad di jalan Allah, mereka itu mengharapkan rahmat Allah..." (QS. Al-Baqarah [2]: 218)

Keempat, al-mahabbah (rasa cinta), di mana seorang hamba beribadah dengan rasa cinta kepada Allah. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,

"Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah." (QS. Al-Baqarah [2]: 165)

* "وحده" (Dia semata).

Yaitu menjadikan ibadah hanya untuk Allah Subhanahu wa Ta'ala semata, tidak memalingkannya sedikitpun kepada selain-Nya dari kalangan hamba atau apa pun.

* "مخلصا له الدين" (...dengan mengikhlaskan agama itu hanya untuk Allah semata).

Yaitu mengesakan ketaatan dan penyembahan untuk Allah semata. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,

"Maka sembahlah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya." (QS. Az-Zumar [39]: 2)

Adapun yang dimaksud dengan ad-diin (agama) dalam ayat ini adalah ketaatan. Inilah yang menjadi tujuan para Rasul dahulu diutus untuk meluruskannya.

Dalilnya adalah firman Allah Subhanahu wa Ta'ala:

"Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): 'Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah thaghut itu.'" (QS. An-Nahl [16]: 36)

Begitu juga firman Allah Subhanahu wa Ta'ala:

"Dan Kami tidak mengutus seorang Rasul pun sebelum kamu melainkan Kami wahyukan kepadanya: 'Bahwasanya tidak ada Tuhan (yang hak) melainkan Aku, maka sembahlah olehmu sekalian akan Aku." (QS. Al-Anbiyaa' [21]: 25)

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Syarah Al-Qawa'id Al-Arba' (Syarah Mutun Al-Aqidah), Penulis Matan: Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab, Penulis Syarah: Syaikh Saad bin Nashir Asy-Syatsriy hafizhahullah (Dewan Penasihat Kerajaan Saudi Arabia dan Mantan Anggota Haiah Kibaril Ulama), Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun, Judul Terjemahan: Syarah Al-Qawa'id Al-Arba', Penerjemah: Muflih Safitra, Penerbit: Naashirussunnah, Jakarta - Indonesia, Cetakan ke-1, Rabi'ul Akhir 1437 H/ Februari 2016 M.

===

Wakaf dari Ibu Anny - Jakarta untuk Perpustakaan Baitul Kahfi Tangerang. Semoga Allah menjaganya dan memudahkan segala urusan kebaikannya.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog