Skip to main content

Syarah Al-Qawa'id Al-Arba' (10/6)

Syarah Al-Qawa'id Al-Arba' (Syarah Mutun Al-Aqidah).

Syarah Al-Qawa'id Al-Arba'.

Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah.

Syaikh Saad bin Nashir Asy-Syatsriy hafizhahullah (Dewan Penasihat Kerajaan Saudi Arabia dan Mantan Anggota Haiah Kibaril Ulama).

Muflih Safitra.

Syarah (Penjelasan) Al-Qawa'id Al-Arba' (10/6).

Kisah uzza.

Adapun uzza dulunya adalah (tiga batang, -pent) pohon yang dibangun di atasnya rumah oleh kaum musyrikin dan diletakkan di sekitarnya tirai-tirai. Pohon-pohon ini terletak antara kota Mekah dan Thaif. Dahulu penduduk Mekah mengagungkan, menyembah, meminta-minta dan mengajukan segala kebutuhan mereka kepada pohon-pohon uzza ini.

Tatkala pecah perang Uhud, Abu Sufyan berkata kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa Sallam, "Kami memiliki uzza, sedangkan kalian tidak." Nabi (Shallallahu 'alaihi wa Sallam) berkata kepada para sahabat (radhiyallahu 'anhum), "Jawab iya." Para sahabat pun bertanya, "Apa yang harus kami katakan?" Beliau menjawab, "Katakan: 'Kami memiliki Allah sebagai penolong, sedangkan kalian tidak.'" (19)

Nabi (Shallallahu 'alaihi wa Sallam) kemudian mengutus Khalid bin Walid radhiyallahu 'anhu untuk menebang pohon-pohon uzza tersebut. Kemudian keluar dari pohon tersebut jin perempuan yang rambutnya panjang tergerai. Khalid berhasil membunuh jin itu. Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala meridhai Al-Mughirah, Khalid dan para sahabat Nabi semuanya.

Kisah manaat.

Adapun berhala yang ketiga, manaat, adalah berhala yang terletak di antara Mekah dan Madinah. Para penduduk Madinah dulu mengagungkannya. Maka Nabi (Shallallahu 'alaihi wa Sallam) mengutus Abu Sufyan radhiyallahu 'anhu untuk menghancurkannya.

Kesimpulannya, tiga berhala ini adalah pepohonan dan bebatuan yang kaum musyrikin terdahulu meyakini kehebatannya dan meyakininya sebagai benda suci di sisi Allah Subhanahu wa Ta'ala. Sementara berhala-berhala itu tidak mampu memberikan manfaat sedikitpun kepada orang-orang yang menyembahnya. Hukum bagi ketiganya pun sama, yaitu tidak boleh menyembahnya sedikitpun.

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

19. HR. Al-Bukhari No. 3039, diambil dari hadits yang panjang yang bercerita seputar perang Uhud.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Syarah Al-Qawa'id Al-Arba' (Syarah Mutun Al-Aqidah), Penulis Matan: Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab, Penulis Syarah: Syaikh Saad bin Nashir Asy-Syatsriy hafizhahullah (Dewan Penasihat Kerajaan Saudi Arabia dan Mantan Anggota Haiah Kibaril Ulama), Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun, Judul Terjemahan: Syarah Al-Qawa'id Al-Arba', Penerjemah: Muflih Safitra, Penerbit: Naashirussunnah, Jakarta - Indonesia, Cetakan ke-1, Rabi'ul Akhir 1437 H/ Februari 2016 M.

===

Wakaf dari Ibu Anny - Jakarta untuk Perpustakaan Baitul Kahfi Tangerang. Semoga Allah menjaganya dan memudahkan segala urusan kebaikannya.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog