Skip to main content

Syarah Al-Qawa'id Al-Arba' (10/10)

Syarah Al-Qawa'id Al-Arba' (Syarah Mutun Al-Aqidah).

Syarah Al-Qawa'id Al-Arba'.

Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah.

Syaikh Saad bin Nashir Asy-Syatsriy hafizhahullah (Dewan Penasihat Kerajaan Saudi Arabia dan Mantan Anggota Haiah Kibaril Ulama).

Muflih Safitra.

Syarah (Penjelasan) Al-Qawa'id Al-Arba' (10/10).

Di sisi lain, apabila seorang manusia memberikan bantuan kepada seorang jin tanpa diminta, atau sebaliknya seorang jin memberikan bantuan kepada seorang manusia tanpa diminta, maka tidak masuk dalam ayat ini. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman (sebagian dari kami telah dapat kesenangan dari sebagian yang lain), yang maknanya jin dan manusia itu meminta tolong satu sama lain. Mereka mendapatkan kesenangan dengan cara itu.

Dari seluruh pembahasan pada kaidah ini, maka bisa disimpulkan beberapa hal sebagai berikut.

Pertama, suatu ibadah tidak boleh ditujukan atau dipalingkan kepada selain Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Kedua, memalingkan ibadah kepada orang-orang shalih, para Malaikat, para Nabi tidaklah disyariatkan, apa pun bentuk ibadahnya. Bahkan hal itu justru merupakan perbuatan syirik.

Ketiga, meninggalkan penyembahan kepada selain Allah Subhanahu wa Ta'ala dari kalangan para Nabi dan orang-orang shalih tidak bermakna merendahkan kedudukan mereka, tetapi justru bentuk ittiba' (mengikuti) jalan mereka. Tidak beribadah kepada mereka berarti mengikuti ajaran mereka dan menyembah mereka justru menyelisihi jalan mereka.

Keempat, aqidah yang rusak tidak akan bermanfaat di sisi Allah Subhanahu wa Ta'ala sedikitpun. Bisa disimpulkan pula bahwa syirik mencakup penyembahan kepada selain Allah, baik itu ditujukan kepada orang-orang shalih maupun setan.

Kelima, kesyirikan tidak boleh dilakukan walaupun dengan alasan untuk menunjang ibadah dan ketaatan kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Ada yang mengatakan bahwa keyakinan itu letaknya dalam diri seseorang. Perkataan ini mengandung dua makna:

1. Makna yang benar, yang berarti seseorang mengetahui karakter dan kelebihannya, dan mengetahui kemampuannya untuk memilah mana perbuatan yang bertentangan dengan dirinya sendiri dan mana yang sesuai dengannya;

2. Makna yang meniadakan tawakkal, di mana seseorang sangat percaya pada dirinya, tidak menyandarkan dirinya para Rabb-nya dan tidak bergantung kepada-Nya.

Adapun yang lebih utama adalah meninggalkan penggunaan istilah "keyakinan/percaya diri" ini dikarenakan ada dua kemungkinan maknanya, yaitu makna yang benar dan yang bathil. Sementara yang menjadi kaidah dalam syariat Islam adalah apabila suatu lafazh mengandung dua makna, satu makna adalah benar dan makna yang lain adalah bathil, maka diperintahkan untuk meninggalkannya, berdasarkan firman Allah Subhanahu wa Ta'ala:

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu katakan (kepada Muhammad), 'Raa'ina'..." (QS. Al-Baqarah [2]: 104)

Ra'inaa memiliki dua kemungkinan makna: (Ar-Ri'ayah/ perlindungan) dan ini makna yang benar, atau (Ar-Ra'uunah/ kesembronoan) dan ini makna yang bathil.

Karena lafazh ini mengandung dua makna, satu makna adalah benar dan satu makna lain adalah bathil, maka Allah Subhanahu wa Ta'ala larang penggunaannya.

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Syarah Al-Qawa'id Al-Arba' (Syarah Mutun Al-Aqidah), Penulis Matan: Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab, Penulis Syarah: Syaikh Saad bin Nashir Asy-Syatsriy hafizhahullah (Dewan Penasihat Kerajaan Saudi Arabia dan Mantan Anggota Haiah Kibaril Ulama), Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun, Judul Terjemahan: Syarah Al-Qawa'id Al-Arba', Penerjemah: Muflih Safitra, Penerbit: Naashirussunnah, Jakarta - Indonesia, Cetakan ke-1, Rabi'ul Akhir 1437 H/ Februari 2016 M.

===

Wakaf dari Ibu Anny - Jakarta untuk Perpustakaan Baitul Kahfi Tangerang. Semoga Allah menjaganya dan memudahkan segala urusan kebaikannya.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog