Skip to main content

Rukun Kelima: Iman Kepada Takdir | Rukun Iman yang Enam | Tingkatan Kedua: Iman | Tingkatan-tingkatan Din | Syarah Tsalatsatul Ushul

Syarh Tsalaatsatil Ushuul.

Syarah Tsalaatsatul Ushuul.
Mengenal Allah, Rasul dan Dinul Islam.
Penjelasan Singkat Tentang Ilmu-ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim.

Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah.

Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah.

Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman.

Syarah Tsalatsatul Ushul.

Kedua.

Ma'rifatud Din.
Mengenal Dinul Islam.

6) "Qadar" adalah takdir Allah 'Azza wa Jalla terhadap seluruh makhluk yang ada sesuai dengan ilmu dan hikmah-Nya.

Iman kepada qadar meliputi empat hal:

Pertama, mengimani bahwa Allah 'Azza wa Jalla mengetahui segala sesuatu, secara global maupun terperinci, azali maupun abadi yang berkaitan dengan perbuatan-Nya sendiri maupun perbuatan para hamba-Nya.

Kedua, mengimani bahwa Allah telah menulis hal itu dalam Lauh Mahfuzh. Tentang kedua hal tersebut, Allah 'Azza wa Jalla berfirman:

"Apakah kamu tidak mengetahui bahwa Allah sesungguhnya mengetahui apa saja yang ada di langit dan di bumi? Bahwasanya yang demikian itu terdapat dalam sebuah 'Kitab' (Lauh Mahfuzh). Sesungguhnya yang demikian itu amat mudah bagi Allah." (Al-Hajj [22]: 70)

Dalam Shahih Muslim disebutkan hadits dari Abdullah bin Amru bin Ash (radhiyallahu 'anhu) bahwa ia berkata, Aku pernah mendengar Rasulullah (Shallallahu 'alaihi wa Sallam) bersabda:

"Allah telah menulis takdir seluruh makhluk sebelum menciptakan langit dan bumi dengan tenggang waktu lima puluh ribu tahun." (50)

Ketiga, mengimani bahwa seluruh yang ada tidak akan terjadi kecuali dengan kehendak Allah 'Azza wa Jalla, apakah yang berkaitan dengan perbuatan Allah maupun yang berkaitan dengan perbuatan para makhluk. Dalam hal yang berkaitan dengan perbuatan-Nya, Allah berfirman, "Rabbmu menciptakan apa yang Dia kehendaki dan Dia pilih." (Al-Qashash [28]: 68)

"... Allah mengerjakan sesuatu yang Dia kehendaki." (Ibrahim [14]: 27)

Allah 'Azza wa Jalla berfirman, "Dia yang membentuk kamu dalam rahim sebagaimana Dia kehendaki." (Ali 'Imran [3]: 6)

Sedangkan yang berkaitan dengan perbuatan para makhluk-Nya, Allah 'Azza wa Jalla berfirman,

"... Kalau Allah menghendaki, maka Dia tentu telah menguasakan mereka atas kalian, lalu mereka memerangi kalian..." (An-Nisa' [4]: 90)

Allah 'Azza wa Jalla berfirman,

"... Sekiranya Rabbmu menghendaki, niscaya mereka tidak mengerjakannya. Maka tinggalkanlah mereka dan apa yang mereka ada-adakan." (Al-An'am [6]: 112)

Keempat, mengimani bahwa seluruh yang ada merupakan ciptaan Allah 'Azza wa Jalla; dzatnya, sifatnya maupun gerakannya. Allah 'Azza wa Jalla berfirman:

"Allah adalah pencipta segala sesuatu, dan Dia pemelihara segala sesuatu." (Az-Zumar [39]: 62)

Allah 'Azza wa Jalla juga berfirman, "Dia telah menciptakan segala sesuatu, lalu Dia menetapkan ukuran-ukurannya dengan serapi-rapinya." (Al-Furqan [25]: 2)

Allah berfirman tentang Nabi Ibrahim ('alaihis salam) bahwa ia pernah berkata kepada kaumnya, "Allahlah yang telah menciptakan kalian dan apa yang kalian kerjakan." (Ash-Shaffat [37]: 96)

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Catatan Kaki:

50. HR. Muslim, Kitabul Qadr, bab "Dzikru Hijaj Adam wa Musa 'alaihis salam".

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Syarh Tsalaatsatil Ushuul, Penulis Matan: Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah, Penulis Syarah: Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah, Penyusun: Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman, Penerbit: Darul Tsarya, Riyadh - Kerajaan Arab Saudi, Cetakan III, Tahun 1997 M, Judul Terjemahan: Syarah Tsalaatsatul Ushuul (Mengenal Allah, Rasul dan Dinul Islam, Penjelasan Singkat Tentang Ilmu-ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim), Penerjemah: Hawin Murtadlo, Salafuddin Abu Sayyid, Editor: Muhammad Albani, Penerbit: Al-Qowam, Sukoharjo - Indonesia, Cetakan XIII, Maret 2016 M.

===

Wakaf dari Ibu Anny - Jakarta untuk Perpustakaan Baitul Kahfi Tangerang.
Semoga Allah menjaganya dan memudahkan segala urusan kebaikannya.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog