Skip to main content

Muqaddimah Pensyarah (3) | Syarah Al-Qawa'id Al-Arba'

Syarah Al-Qawa'id Al-Arba' (Syarah Mutun Al-Aqidah).

Syarah Al-Qawa'id Al-Arba'.

Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah.

Syaikh Saad bin Nashir Asy-Syatsriy hafizhahullah (Dewan Penasihat Kerajaan Saudi Arabia dan Mantan Anggota Haiah Kibaril Ulama).

Muflih Safitra.

Muqaddimah Pensyarah (3).

Allah Subhanahu wa Ta'ala pun memberikan kekuatan dan kemampuan kepada Imam Al-'Allamah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah dalam berdakwah kepada manusia, mengajak mereka mentauhidkan Allah Subhanahu wa Ta'ala dalam ibadah, dan meninggalkan segala bentuk penyembahan kepada yang selain Allah Subhanahu wa Ta'ala. Prinsip ini, sebagaimana yang telah dijelaskan, merupakan fondasi dakwah para Nabi 'alaihimus salaam.

Manusia ketika itu melakukan berbagai bentuk ibadah yang ditujukan kepada selain Allah Subhanahu wa Ta'ala, sehingga sulit sekali bagi mereka untuk keluar dan meninggalkan sembahan mereka. Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah berusaha memerangi perbuatan mereka dan mengajak mereka ke jalan Allah. Beliau menyebarkan murid-muridnya di kalangan manusia untuk mengajak mereka kembali mengesakan Allah Subhanahu wa Ta'ala dalam ibadahnya.

Beliau juga menulis berbagai karya tulis dan risalah, yang isinya disesuaikan dengan kondisi objek dakwah beliau kala itu. Di antaranya, beliau menulis Kitab At-Tauhid yang berisi dalil-dalil tentang kewajiban mengesakan Allah Subhanahu wa Ta'ala dalam ibadah. Di dalam buku tersebut beliau menyebutkan berbagai contoh penyembahan kepada selain Allah Subhanahu wa Ta'ala, disertai penjelasan dalil seputar pengkhususan Allah dalam ibadah. Di dalamnya beliau juga menyebutkan berbagai media yang dapat menjerumuskan ke dalam kesyirikan, sebagaimana yang terjadi di paruh pertama abad ke-10, agar tidak dilakukan lagi oleh manusia yang hidup di paruh kedua.

Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah juga menulis karya tulis lain yang umumnya berbentuk risalah kecil dengan kalimat-kalimat yang ringkas, namun sarat makna dan pelajaran. Ini dilakukan karena beliau menyesuaikan kondisi objek dakwahnya. Beliau kerap mengirimkan risalah tersebut kepada suatu kelompok, yang isinya sesuai dengan keadaan mereka.

Di antaranya karya tulis beliau yang lainnya adalah Al-Qawa'id Al-Arba' ini. Risalah ini memiliki faedah yang besar dan efek positif yang luas. Allah Subhanahu wa Ta'ala telah memberikan nikmat bagi manusia dari zaman ke zaman, melalui perantaraan karya ini. Risalah Al-Qawa'id Al-Arba' pun sangat berperan dalam dakwah tauhid kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Di dalamnya terdapat penjelasan mengenai berbagai syubhat (kerancuan) dalam masalah tauhid disertai bantahan terhadap syubhat tersebut.

Kami akan menyampaikan risalah ini dan memberikan ta'liqat (catatan-catatan khusus) di dalamnya.

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Syarah Al-Qawa'id Al-Arba' (Syarah Mutun Al-Aqidah), Penulis Matan: Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab, Penulis Syarah: Syaikh Saad bin Nashir Asy-Syatsriy hafizhahullah (Dewan Penasihat Kerajaan Saudi Arabia dan Mantan Anggota Haiah Kibaril Ulama), Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun, Judul Terjemahan: Syarah Al-Qawa'id Al-Arba', Penerjemah: Muflih Safitra, Penerbit: Naashirussunnah, Jakarta - Indonesia, Cetakan ke-1, Rabi'ul Akhir 1437 H/ Februari 2016 M.

===

Wakaf dari Ibu Anny - Jakarta untuk Perpustakaan Baitul Kahfi Tangerang. Semoga Allah menjaganya dan memudahkan segala urusan kebaikannya.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog