Skip to main content

Muqaddimah Penerjemah | Syarah Al-Qawa'id Al-Arba'

Syarah Al-Qawa'id Al-Arba' (Syarah Mutun Al-Aqidah).

Syarah Al-Qawa'id Al-Arba'.

Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah.

Syaikh Saad bin Nashir Asy-Syatsriy hafizhahullah (Dewan Penasihat Kerajaan Saudi Arabia dan Mantan Anggota Haiah Kibaril Ulama).

Muflih Safitra.

Muqaddimah Penerjemah.

Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan para ulama sebagai pewaris para Nabi, yang dari mereka umat Islam bisa menimba ilmu agamanya dengan keyakinan yang lebih mendekati kebenaran. Dengannya syari'at agama ini, khususnya masalah tauhid, bisa dipahami dan dijalankan sebagaimana yang diinginkan Allah Subhanahu wa Ta'ala dan Rasul-Nya.

Di antara para ulama yang banyak memiliki jasa kepada Islam dan kaum Muslimin adalah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah dan Syaikh Saad bin Nashir Asy-Syatsriy hafizhahullah. Biografi mereka yang ada di dalam buku ini seakan memberikan gambaran kepada pembacanya bahwa usaha yang mereka kerahkan demi menjaga kemurnian agama Islam ini sangatlah besar, di antaranya melalui karya tulis mereka yang sangat banyak.

Salah satu karya tulis mereka yang memiliki faedah yang sangat berharga adalah buku yang ada di tangan pembaca ini. Al-Qawa'id Al-Arba' yang ditulis Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab adalah risalah yang berisi empat kaidah penting dalam memahami kesyirikan. Di dalamnya penulis memaparkan bantahan terhadap syubuhat (kerancuan) yang kerap dilontarkan orang-orang berjubah Islam yang berbuat syirik, sebagai upaya membenarkan kesyirikan yang mereka lakukan. Kemudian Syaikh Saad Asy-Syatsriy dalam salah satu majelis beliau di masjid ayahnya, Jami' Nashir Asy-Syatsriy di kota Riyadh, mensyarah risalah tersebut dan memberikan ta'liqat pada poin yang dianggap penting, sehingga lebih mudah dipahami dan lebih luas faedah ilmu yang bisa dipetik darinya.

Syaikh memberikan izin tertulis kepada penerjemah untuk menerjemahkan dan mencetak beberapa kitab beliau dalam bahasa Indonesia, di antaranya Syarah Mutun Al-Aqidah yang memuat syarah beliau untuk risalah Al-Qawa'id Al-Arba'. Selanjutnya melalui pesan singkat, penerjemah meminta izin beliau untuk mencetak Syarah Al-Qawa'id Al-Arba' secara terpisah dari kitab aslinya dan beliau mengabulkannya.

Dalam terjemahan ini, penerjemah melakukan beberapa hal sebagai berikut:

1. Menerjemahkan bagian ketiga kitab Syarah Mutun Al-Aqidah, yaitu Syarah Al-Qawa'id Al-Arba'.

2. Menjelaskan sebagian kalimat yang sulit dengan memberikan makna penjelasnya dalam kurung (..., -pent) ataupun catatan kaki.

3. Mencantumkan takhrij untuk hadits yang tidak disebutkan takhrijnya pada kitab asli.

4. Mencantumkan referensi tambahan untuk masalah tertentu yang butuh untuk diketahui maknanya, namun tidak dijelaskan oleh pensyarah pada kitab asli.

5. Menerjemahkan biografi Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah (disadur dari Syarah Kasyf Asy-Syubuhat karya Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin) dan Syaikh Saad bin Nashir Asy-Syatsriy hafizhahullah (disadur dari website pribadi beliau).

6. Membagi buku terjemahan ini menjadi dua bagian: (1) Terjemah utuh matan Al-Qawa'id Al-Arba' (diletakkan di bagian awal buku) dan (2) Terjemah syarahnya. Ini dimaksudkan agar orang yang membacanya terlebih dahulu memiliki gambaran sempurna tentang isi matan aslinya sebelum ia membaca syarahnya. Dengan begitu si pembaca akan lebih cepat memahami maksud penulis dan pensyarah, sehingga proses belajar pun lebih mudah. Demikian saran salah satu dosen di Universitas Malik Su'ud.

Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala menjadikan usaha penulis, pensyarah dan penerjemah dalam buku ini sebagai amal yang ikhlas untuk Dia semata, tanpa tercampuri ketamakan terhadap dunia.

Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala menjadikan buku ini bermanfaat dalam membentengi kaum Muslimin dari kesyirikan.

Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala mematikan kita semua dalam husnul khatimah dan memasukkan kita ke dalam Surganya kelak, amin.

Balikpapan, Jumadits Tsaniyah 1436 H (April 2015).

Muflih Safitra.

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Syarah Al-Qawa'id Al-Arba' (Syarah Mutun Al-Aqidah), Penulis Matan: Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab, Penulis Syarah: Syaikh Saad bin Nashir Asy-Syatsriy hafizhahullah (Dewan Penasihat Kerajaan Saudi Arabia dan Mantan Anggota Haiah Kibaril Ulama), Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun, Judul Terjemahan: Syarah Al-Qawa'id Al-Arba', Penerjemah: Muflih Safitra, Penerbit: Naashirussunnah, Jakarta - Indonesia, Cetakan ke-1, Rabi'ul Akhir 1437 H/ Februari 2016 M.

===

Wakaf dari Ibu Anny - Jakarta untuk Perpustakaan Baitul Kahfi Tangerang. Semoga Allah menjaganya dan memudahkan segala urusan kebaikannya.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog