Skip to main content

Muqaddimah | 50 Kesalahan dalam Berhari Raya

Al-Kalimaatun Naafi'ah fil Akhthaa-isy Syaa-i'ah: Khamsuun Khatha-an fii Shalaatil 'Iidain.

50 Kesalahan dalam Berhari Raya.

Syaikh Wahid Abdus Salam Baali.

Mufti Hamdan.

Muqaddimah.

Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam semoga tercurah kepada Imam para Nabi dan Rasul, Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa Sallam, juga kepada keluarga dan para Sahabatnya.

Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar, kecuali Allah Yang Maha Esa dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa Sallam adalah hamba dan Rasul-Nya.

Wa ba'du:

Menyebarkan Sunnah dan memberantas bid'ah merupakan bagian dari jihad fii sabilillah dan membela syari'at Allah. Ia merupakan tugas para ulama dan para da'i yang menyeru ke jalan Allah. Dan umat ini tidak akan mencapai kemuliaannya sehingga menyingkirkan debu-debu bid'ah dari tubuhnya dan kembali kepada Sunnah yang putih dan suci, di mana Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam telah meninggalkan kita berada di atasnya.

Pada kesempatan ini aku telah menyusun sebuah risalah yang berjudul Khamsiina Khatha-a fii Shalaatil 'Iidain (Lima Puluh Kesalahan Dalam Shalat Dua Hari Raya). Di dalamnya aku sebutkan -sesuai kemampuanku- beberapa kekeliruan dan kesalahan-kesalahan serta bid'ah-bid'ah yang berkenaan dengan judul ini. Dengan harapan dibaca oleh saudara-saudaraku para penuntut ilmu dan para da'i yang menyeru ke jalan Allah, sehingga mereka memperingatkan dari kesalahan-kesalahan tersebut di masjid-masjid, khususnya setelah pelaksanaan shalat lima waktu. Sehingga terhapuslah kebid'ahan, Sunnah pun hidup kembali, tersingkirlah kesamaran, dan umat pun menjadi jaya kembali.

Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami yang benar itu jelas benar dan berilah kemampuan pada kami untuk mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami yang salah itu jelas salah dan berilah kemampuan pada kami untuk menjauhinya. Berilah petunjuk kepada kami dalam urusan agama kami dan ajarkanlah ilmu yang bermanfaat kepada kami. Jadikanlah bermanfaat bagi kami ilmu yang telah Engkau ajarkan kepada kami dan tambahkanlah ilmu kepada kami.

Mahasuci Engkau ya Allah dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar, kecuali Engkau, aku memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.

Ditulis oleh:

Wahid 'Abdissalam Baali.
Mansya-ah 'Abbas.
27-2-1524 H.

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: Al-Kalimaatun Naafi'ah fil Akhthaa-isy Syaa-i'ah: Khamsuun Khatha-an fii Shalaatil 'Iidain, Penulis: Syaikh Wahid Abdus Salam Baali, Penerbit: Dar Ibni Rajab, Tanpa Keterangan Negara, Cetakan Kedua, 1424 H/ 2003 M, Judul Terjemahan: 50 Kesalahan dalam Berhari Raya, Penerjemah: Mufti Hamdan, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Bogor - Indonesia, Cetakan Pertama, Rajab 1426 H/ Agustus 2005 M.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog