Skip to main content

Diangkat Sebagai Nabi dan Rasul | Syarah Tsalatsatul Ushul

Syarh Tsalaatsatil Ushuul.

Syarah Tsalaatsatul Ushuul.
Mengenal Allah, Rasul dan Dinul Islam.
Penjelasan Singkat Tentang Ilmu-ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim.

Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah.

Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah.

Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman.

Syarah Tsalatsatul Ushul.

Ketiga.

Ma'rifatun Nabi.
Mengenal Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa Sallam.

Allah 'Azza wa Jalla mengutusnya untuk memberikan peringatan terhadap perbuatan syirik serta untuk menyeru kepada tauhid 1). Dalilnya adalah firman Allah 'Azza wa Jalla, "Hai orang yang berselimut! Bangunlah 2), lalu berilah peringatan. 3) Agungkanlah Rabbmu! Bersihkanlah pakaianmu! Tinggalkanlah perbuatan kotor (paganisme)! Janganlah kamu memberi dengan tujuan memperoleh balasan yang lebih banyak, bersabarlah untuk (memenuhi perintah) Rabbmu!" (Al-Muddatstsir [96]: 1-7)

Makna "Qum, fa andzir! (Bangunlah, lalu berilah peringatan)" adalah memberikan peringatan terhadap perbuatan syirik serta menyeru kepada tauhid. "Wa Rabbaka fakabbir! (Agungkanlah Rabbmu)", artinya agungkanlah Ia dengan tauhid. "Wa tsiyabaka fathahhir! (Bersihkanlah pakaianmu)", artinya bersihkanlah amal-amal perbuatanmu dari syirik. "Wa rujza fahjur! (Tinggalkanlah perbuatan kotor)". Ar-rujz adalah al-ashnam (salah satu artinya berhala, -penerj.). Yang dimaksud dengan menyingkir dari berhala adalah meninggalkannya serta berlepas diri dari ahli berhala (kaum paganis; penyembah berhala).

Syarah:

1) Memperingatkan mereka dari perbuatan syirik serta menyeru mereka untuk mentauhidkan Allah 'Azza wa Jalla dalam rububiyah-Nya, uluhiyah-Nya, serta asma dan sifat-sifat-Nya.

2) Panggilan yang ditujukan kepada Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam.

3) Allah 'Azza wa Jalla memerintahkan Nabi-Nya agar bangkit dengan penuh kesungguhan dan semangat untuk memperingatkan manusia dari perbuatan syirik serta menyuruh mereka agar waspada dari perbuatan syirik itu. Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab sendiri telah menafsirkan ayat-ayat ini.

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Syarh Tsalaatsatil Ushuul, Penulis Matan: Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah, Penulis Syarah: Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah, Penyusun: Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman, Penerbit: Darul Tsarya, Riyadh - Kerajaan Arab Saudi, Cetakan III, Tahun 1997 M, Judul Terjemahan: Syarah Tsalaatsatul Ushuul (Mengenal Allah, Rasul dan Dinul Islam, Penjelasan Singkat Tentang Ilmu-ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim), Penerjemah: Hawin Murtadlo, Salafuddin Abu Sayyid, Editor: Muhammad Albani, Penerbit: Al-Qowam, Sukoharjo - Indonesia, Cetakan XIII, Maret 2016 M.

===

Wakaf dari Ibu Anny - Jakarta untuk Perpustakaan Baitul Kahfi Tangerang.
Semoga Allah menjaganya dan memudahkan segala urusan kebaikannya.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog