Skip to main content

Dalil tentang Wafatnya Nabi, Iman kepada Hari Kebangkitan, Iman kepada Hari Perhitungan (2) | Syarah Tsalatsatul Ushul

Syarh Tsalaatsatil Ushuul.

Syarah Tsalaatsatul Ushuul.
Mengenal Allah, Rasul dan Dinul Islam.
Penjelasan Singkat Tentang Ilmu-ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim.

Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah.

Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah.

Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman.

Syarah Tsalatsatul Ushul.

Ketiga.

Ma'rifatun Nabi.
Mengenal Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa Sallam.

3) Ayat ini sesuai persis dengan firman Allah:

"Dari tanah kalian Kami ciptakan; kepadanya kalian Kami kembalikan; dan darinya pula kalian akan Kami keluarkan (bangkitkan) untuk kedua kalinya." (Thaha [20]: 55)

Ayat yang semakna dengan ini jumlahnya cukup banyak. Allah 'Azza wa Jalla telah menjelaskan dan telah mengulang-ulang masalah kepastian hari Kebangkitan sampai manusia beriman dengan hari Kebangkitan itu serta semakin bertambah lagi keimanannya, lalu beramal untuk menghadapi hari yang besar ini, di mana kita selalu memohon kepada Allah 'Azza wa Jalla agar menjadikan kita tergolong orang-orang yang beramal menghadapi hari Kebangkitan itu dan tergolong orang-orang yang berbahagia di hari itu.

4) Maksudnya, bahwa manusia itu setelah dibangkitkan akan diberi balasan dan dihisab amal perbuatan mereka, jika baik, maka balasannya baik, dan jika buruk, maka balasannya buruk pula. Allah 'Azza wa Jalla berfirman:

"Barangsiapa yang mengerjakan amal kebaikan seberat dzarrah pun, niscaya ia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan seberat dzarrah pun, niscaya ia akan melihat (balasan)nya pula." (Az-Zalzalah [99]: 7-8)

"Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari Kiamat, maka tidak ada seorang pun yang dizalimi (dirugikan) sedikit pun. Dan jika (amalan itu) hanya seberat biji sawi, Kami pasti tetap mendatangkan (pahala)nya. Cukuplah Kami sebagai penghisab." (Al-Anbiya' [21]: 47)

"Barangsiapa membawa amal yang baik, maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat; dan barangsiapa membawa perbuatan jahat, maka dia tidak diberi balasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka tidak dizalimi (dirugikan) sedikit pun." (Al-An'am [6]: 160)

Amalan kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipat sampai tujuh ratus kali lipat hingga kelipatan lebih banyak lagi, sebagai karunia dan kemurahan dari Allah 'Azza wa Jalla. Allah telah melebihkan amal shalih, dan sekali lagi melebihkannya dengan memberikan balasan yang luas dan banyak. Adapun amal buruk hanya akan diberi balasan sama dengan kadar keburukan itu, di mana manusia tidak akan diberi balasan melebihi keburukan yang dilakukannya. Allah 'Azza wa Jalla berfirman:

"Barangsiapa yang membawa amal perbuatan jahat, maka dia tidaklah diberi balasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka tidak dirugikan sedikit pun." (Al-An'am [6]: 160)

Ini merupakan bagian dari kesempurnaan karunia Allah 'Azza wa Jalla dan kebaikan hati-Nya.

Selanjutnya, Syaikh rahimahullah membawakan dalil dengan firman Allah 'Azza wa Jalla:

"...agar Dia memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat buruk sesuai dengan perbuatan yang mereka lakukan itu, dan memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik dengan balasan yang lebih baik lagi." (An-Najm [53]: 31)

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Syarh Tsalaatsatil Ushuul, Penulis Matan: Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah, Penulis Syarah: Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah, Penyusun: Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman, Penerbit: Darul Tsarya, Riyadh - Kerajaan Arab Saudi, Cetakan III, Tahun 1997 M, Judul Terjemahan: Syarah Tsalaatsatul Ushuul (Mengenal Allah, Rasul dan Dinul Islam, Penjelasan Singkat Tentang Ilmu-ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim), Penerjemah: Hawin Murtadlo, Salafuddin Abu Sayyid, Editor: Muhammad Albani, Penerbit: Al-Qowam, Sukoharjo - Indonesia, Cetakan XIII, Maret 2016 M.

===

Wakaf dari Ibu Anny - Jakarta untuk Perpustakaan Baitul Kahfi Tangerang.
Semoga Allah menjaganya dan memudahkan segala urusan kebaikannya.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog