Skip to main content

Dalil tentang Wafatnya Nabi, Iman kepada Hari Kebangkitan, Iman kepada Hari Perhitungan | Syarah Tsalatsatul Ushul

Syarh Tsalaatsatil Ushuul.

Syarah Tsalaatsatul Ushuul.
Mengenal Allah, Rasul dan Dinul Islam.
Penjelasan Singkat Tentang Ilmu-ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim.

Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah.

Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah.

Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman.

Syarah Tsalatsatul Ushul.

Ketiga.

Ma'rifatun Nabi.
Mengenal Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa Sallam.

Dalil mengenai kewafatan Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam adalah firman Allah 'Azza wa Jalla, "Sesungguhnya, kamu (Muhammad) akan mati dan sesungguhnya mereka pun akan mati pula. Kemudian, sesungguhnya kalian pada hari Kiamat akan berbantah-bantahan di hadapan Rabb kalian." 1) (Az-Zumar [39]: 30-31)

Manusia itu jika sudah mati, maka mereka akan dibangkitkan kembali. 2) Dalilnya adalah firman Allah 'Azza wa Jalla, "Dari tanahlah kamu telah Kami jadikan (ketika penciptaan Adam), kepadanya kamu Kami kembalikan (di kubur), dan darinya kamu sekalian akan Kami keluarkan sekali lagi (dibangkitkan pada hari Kiamat)." (Thaha [20]: 55)

Dan juga firman Allah 'Azza wa Jalla, "Dan Allah telah menumbuhkan kalian dari tanah dengan sebaik-baiknya, kemudian Dia mengembalikan kamu ke dalamnya lagi, dan Dia akan mengeluarkan kamu (pada hari Kiamat) dengan sebenar-benarnya." 3) (Nuh [71]: 17-18)

Setelah dibangkitkan, maka manusia akan dihisab dan diberi balasan atas amal perbuatan mereka. Dalilnya adalah firman Allah 'Azza wa Jalla, "Agar Dia memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat buruk sesuai dengan perbuatan mereka, dan memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik dengan balasan yang lebih baik lagi." 4) (An-Najm [53]: 31)

Syarah:

1) Ayat ini menunjukkan bahwa Nabi (Shallallahu 'alaihi wa Sallam) dan umatnya, semuanya akan mati. Dan bahwasanya mereka itu pada Hari Kiamat kelak akan berbantah-bantahan di hadapan Allah, lalu Allah menghukumi di antara mereka dengan kebenaran dan sekali-kali Allah tidak akan menjadikan jalan bagi orang-orang kafir atas orang-orang Mukmin.

2) Dalam kalimat ini, Syaikh rahimahullah menjelaskan bahwa manusia itu jika telah mati pasti akan dibangkitkan lagi. Allah akan membangkitkan mereka dalam keadaan hidup setelah kematian mereka untuk menerima balasan. Inilah nilai diutusnya para Rasul, agar manusia itu beramal untuk menghadapi hari kebangkitan ini. Allah 'Azza wa Jalla menyebutkan tentang keadaan dan kengerian hari Kebangkitan ini yang menjadikan hari harus bertaubat kepada Allah 'Azza wa Jalla dan harus takut kepada hari Kebangkitan ini.

Allah 'Azza wa Jalla berfirman:

"Maka bagaimanakah kamu akan dapat memelihara dirimu jika kamu tetap kafir kepada hari yang menjadikan anak-anak beruban. Langit pun pecah belah pada hari itu karena Allah. Adalah janji-Nya itu pasti terlaksana." (Al-Muzzammil [73]: 17-18)

Kalimat yang dikemukakan oleh Syaikh di atas menunjukkan kewajiban beriman kepada hari Kebangkitan. Kemudian Syaikh mengambil dua ayat di atas.

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Syarh Tsalaatsatil Ushuul, Penulis Matan: Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah, Penulis Syarah: Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah, Penyusun: Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman, Penerbit: Darul Tsarya, Riyadh - Kerajaan Arab Saudi, Cetakan III, Tahun 1997 M, Judul Terjemahan: Syarah Tsalaatsatul Ushuul (Mengenal Allah, Rasul dan Dinul Islam, Penjelasan Singkat Tentang Ilmu-ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim), Penerjemah: Hawin Murtadlo, Salafuddin Abu Sayyid, Editor: Muhammad Albani, Penerbit: Al-Qowam, Sukoharjo - Indonesia, Cetakan XIII, Maret 2016 M.

===

Wakaf dari Ibu Anny - Jakarta untuk Perpustakaan Baitul Kahfi Tangerang.
Semoga Allah menjaganya dan memudahkan segala urusan kebaikannya.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog