Skip to main content

Buah Iman Kepada Takdir | Rukun Kelima: Iman Kepada Takdir | Rukun Iman yang Enam | Tingkatan Kedua: Iman | Tingkatan-tingkatan Din | Syarah Tsalatsatul Ushul

Syarh Tsalaatsatil Ushuul.

Syarah Tsalaatsatul Ushuul.
Mengenal Allah, Rasul dan Dinul Islam.
Penjelasan Singkat Tentang Ilmu-ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim.

Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah.

Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah.

Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman.

Syarah Tsalatsatul Ushul.

Kedua.

Ma'rifatud Din.
Mengenal Dinul Islam.

Iman kepada qadar akan membuahkan hal-hal penting, di antaranya sebagai berikut:

* Bersandar kepada Allah 'Azza wa Jalla ketika melakukan berbagai "sebab" itu sendiri, karena segala sesuatu itu tergantung kepada qadar Allah 'Azza wa Jalla.

* Agar seseorang tidak lagi mengagumi dirinya sendiri ketika tercapai tujuannya. Sebab, itu hanyalah nikmat dari Allah 'Azza wa Jalla, berupa sebab-sebab kebaikan dan keberhasilan yang memang telah ditakdirkan oleh Allah. Kekagumannya terhadap dirinya sendiri akan melupakan dirinya untuk mensyukuri nikmat ini.

Adanya rasa ketenangan jiwa terhadap takdir Allah 'Azza wa Jalla yang berlaku atas dirinya, sehingga ia tidak akan gelisah atas hilangnya sesuatu yang dicintainya atau didapatkannya sesuatu yang dibencinya. Sebab itu semua terjadi dengan qadar Allah 'Azza wa Jalla, pemilik kerajaan langit dan bumi. Tentang hal itu, Allah berfirman:

"Tidak satu musibah pun yang menimpa di bumi dan tidak pula yang menimpa dirimu, melainkan telah ditulis dalam kitab Lauh Mahfudz sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. Yang demikian itu agar kamu tidak berduka cita atas apa yang luput dari kamu, dan supaya tidak terlalu gembira terhadap apa yang diberikan oleh-Nya kepadamu. Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri." (Al-Hadid [57]: 22-23)

Nabi Muhammad (Shallallahu 'alaihi wa Sallam) pernah bersabda:

"Sungguh mengherankan perkara orang Mukmin itu, karena seluruh perkaranya baik, dan itu tidak ada pada seorang pun selain orang Mukmin, yaitu jika ia memperoleh kebahagiaan, ia bersyukur, maka itu baik baginya, dan jika mendapat kesusahan, ia bersabar, maka itu pun baik baginya." (HR. Muslim)

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Syarh Tsalaatsatil Ushuul, Penulis Matan: Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah, Penulis Syarah: Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah, Penyusun: Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman, Penerbit: Darul Tsarya, Riyadh - Kerajaan Arab Saudi, Cetakan III, Tahun 1997 M, Judul Terjemahan: Syarah Tsalaatsatul Ushuul (Mengenal Allah, Rasul dan Dinul Islam, Penjelasan Singkat Tentang Ilmu-ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim), Penerjemah: Hawin Murtadlo, Salafuddin Abu Sayyid, Editor: Muhammad Albani, Penerbit: Al-Qowam, Sukoharjo - Indonesia, Cetakan XIII, Maret 2016 M.

===

Wakaf dari Ibu Anny - Jakarta untuk Perpustakaan Baitul Kahfi Tangerang.
Semoga Allah menjaganya dan memudahkan segala urusan kebaikannya.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog