Skip to main content

Biografi Penulis Syaikhul Islam Al-Imam Muhammad bin Abdul Wahhab | Syarah Al-Qawa'id Al-Arba'

Syarah Al-Qawa'id Al-Arba' (Syarah Mutun Al-Aqidah).

Syarah Al-Qawa'id Al-Arba'.

Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah.

Syaikh Saad bin Nashir Asy-Syatsriy hafizhahullah (Dewan Penasihat Kerajaan Saudi Arabia dan Mantan Anggota Haiah Kibaril Ulama).

Muflih Safitra.

Biografi Penulis Syaikhul Islam Al-Imam Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah. (3)

Nasabnya.

Beliau adalah Al-Imam Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab bin Sulaiman bin Ali bin Muhammad bin Ahmad bin Rasyid bin Barid bin Muhammad bin Musyrif bin Umar dari keturunan Bani Tamim.

Kelahirannya.

Beliau dilahirkan di kota Uyainah tahun 1115 H di kalangan keluarga yang penuh dengan suasana ilmu, kemuliaan dan religius. Ayah beliau adalah seorang tokoh ulama besar dan kakek beliau adalah seorang alim di Nejd pada zamannya.

Masa pertumbuhannya.

Beliau telah menghafal Al-Qur'an sebelum berusia 10 tahun. Beliau mempelajari ilmu fiqh hingga menguasainya dengan penguasaan yang baik. Di antara kehebatan beliau yang mengagumkan orang tuanya adalah kekuatan hafalannya. Beliau banyak menelaah kitab-kitab tafsir dan hadits. Beliau bersungguh-sungguh menuntut ilmu sepanjang siang dan malam. Beliau pun menghafal matan-matan ilmiah dari berbagai disiplin ilmu.

Beliau mengadakan perjalanan dalam rangka menuntut ilmu di berbagai penjuru Nejd dan juga kota Makkah, dan sempat belajar kepada banyak ulama di sana. Beliau juga merantau ke kota Madinah dan sempat belajar kepada ulama kota tersebut, seperti Al-Allamah Syaikh Abdullah bin Ibrahim Asy-Syammary dan anak beliau yang terkenal dalam ilmu waris, Syaikh Ibrahim Asy-Syammary, penulis kitab Al-Adzb Al-Faidh fi Syarh Alfiyah Al-Faraidh. Kedua Syaikh inilah yang memperkenalkan Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab kepada seorang ahli hadits terkenal, Syaikh Muhammad Hayah As-Sindy, sehingga beliau pun sempat belajar ilmu hadits dan rijalul hadits kepadanya dan Syaikh As-Sindy memberikan ijazah kepadanya untuk meriwayatkan hadits.

Allah Subhanahu wa Ta'ala telah menganugerahkan pemahaman yang cemerlang dan kecerdasan yang luar biasa kepada Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah. Beliau banyak menelaah ilmu, menulis banyak buhuts (tulisan mengenai berbagai masalah) dan buku. Beliau senantiasa menulis faedah-faedah ilmu yang terlintas di benaknya saat sedang membaca dan menulis buhuts, tanpa pernah bosan dalam melakukannya.

Beliau banyak menyadur faedah ilmu dari buku-buku Ibnu Taimiyyah dan Ibnul Qayyim, semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala merahmati keduanya. Sampai sekarang banyak naskah tulisan berharga yang beliau tulis dengan tinta penanya tersimpan di berbagai museum.

Setelah ayah beliau wafat, Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab pun bangkiy mendakwahkan dakwah salafiyyah yang menyerukan tauhid dan menghancurkan kemungkaran secara terang-terangan. Beliau memerangi ahli bid'ah dan orang-orang musyrik. Penguasa dari kalangan keluarga Su'ud mendukung usaha beliau sehingga bertambah kuatlah pengaruhnya dan semakin luas dakwahnya.

Karya Tulisnya.

Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah memiliki berbagai karya tulis yang bermanfaat, di antaranya:

1. Sebuah kitab yang agung dengan faedah yang besar: "كتاب التوحيد".

2. "كشف الشبهات".

3. "الكباءر".

4. "مختصر الإنصاف وشرح الكبير".

5. "مختصر زاد المعاد".

6. Kumpulan fatwa dan risalah beliau yang dikumpulkan jadi satu dan diberi judul "مجموعة موء لفات الإمام محمد بن عبد الوهاب" di bawah pengawasan Universitas Imam Muhammad bin Su'ud.

Wafatnya.

Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah wafat pada tahun 1206 H. Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala memberikan kepadanya rahmat yang luas dan membalas jasanya kepada Islam dan kaum Muslimin dengan sebaik-baiknya balasan. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar dan Maha Mengabulkan doa.

Segala puji hanya bagi Allah, Rabb semesta alam.

Semoga shalawat dan salam dilimpahkan kepada Nabi kita Muhammad, beserta keluarga dan para sahabat beliau semuanya.

Ditulis oleh:
Fahd bin Nashir bin Ibrahim As-Sulaiman.
Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala mengampuni dosa-dosanya.

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Catatan Kaki:

3. Biografi ini disadur dan diterjemahkan oleh Muflih Safitra dari Kitab Syarah Kasyf Asy-Syubuhat karya Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin dan penerjemah mendapatkan izin terjemah dari anak Syaikh Al-Utsaimin, Syaikh Abdullah.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Syarah Al-Qawa'id Al-Arba' (Syarah Mutun Al-Aqidah), Penulis Matan: Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab, Penulis Syarah: Syaikh Saad bin Nashir Asy-Syatsriy hafizhahullah (Dewan Penasihat Kerajaan Saudi Arabia dan Mantan Anggota Haiah Kibaril Ulama), Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun, Judul Terjemahan: Syarah Al-Qawa'id Al-Arba', Penerjemah: Muflih Safitra, Penerbit: Naashirussunnah, Jakarta - Indonesia, Cetakan ke-1, Rabi'ul Akhir 1437 H/ Februari 2016 M.

===

Wakaf dari Ibu Anny - Jakarta untuk Perpustakaan Baitul Kahfi Tangerang. Semoga Allah menjaganya dan memudahkan segala urusan kebaikannya.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog