Skip to main content

Tingkatan Pertama: Islam | Tingkatan-tingkatan Din | Syarah Tsalatsatul Ushul

Syarh Tsalaatsatil Ushuul.

Syarah Tsalaatsatul Ushuul.
Mengenal Allah, Rasul dan Dinul Islam.
Penjelasan Singkat Tentang Ilmu-ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim.

Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah.

Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah.

Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman.

Syarah Tsalatsatul Ushul.

Kedua.

Ma'rifatud Din.
Mengenal Dinul Islam.

Dinul Islam itu terdiri dari tiga tingkatan 1), yaitu Islam, Iman, dan Ihsan. Setiap tingkatan memiliki rukun 2). Rukun Islam ada lima 3), yaitu syahadat, yakni pernyataan bahwa tidak ada ilah selain Allah dan bahwa Muhammad adalah Rasulullah menegakkan shalat, menunaikan zakat, puasa Ramadhan, dan berhaji ke Baitullah Al-Haram.

Syarah:

1) Penulis rahimahullah menjelaskan bahwa Dinul Islam itu ada tiga tingkatan, sebagian tingkatan itu berada di atas tingkatan yang lain yaitu Islam, Iman, dan Ihsan.

2) Dalilnya adalah sabda beliau dalam hadits yang diriwayatkan oleh Amirul Mukminin Umar bin Khathab ketika Jibril datang bertanya kepada beliau tentang Islam, iman, dan ihsan. Beliau lantas menjelaskan hal itu kepada Jibril. Setelah itu beliau bersabda, "Ini Jibril yang datang untuk mengajari kalian tentang agama kalian." (30)

3) Dalilnya adalah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma yang berkata: Nabi (Shallallahu 'alaihi wa Sallam) bersabda:

"Islam dibangun di atas lima rukun, yaitu syahadat bahwa tidak ada ilah selain Allah dan bahwa Muhammad adalah Rasul Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, puasa Ramadhan, dan berhaji ke Baitullah Al-Haram." (31)

4) Syahadat yang artinya penyataan bahwa tiada ilah selain Allah dan bahwa Muhammad adalah Rasul Allah, merupakan satu rukun. Keduanya merupakan satu rukun, padahal terdiri dari dua bagian, tidak lain karena ibadah-ibadah dilaksanakan berdasarkan upaya untuk mewujudkan makna keduanya. Ibadah tidak diterima kecuali jika dilaksanakan dengan ikhlas kepada Allah 'Azza wa Jalla, suatu hal yang terkandung dalam persaksian bahwa tidak ada ilah selain Allah, dan meneladani Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam, yaitu yang terkandung dalam persaksian bahwa Muhammad adalah Rasulullah.

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Catatan Kaki:

30. Takhrijnya telah dikemukakan.

31. HR. Bukhari dalam Kitabul Iman, bab: "Qaulun Nabiyyi Shallallahu 'alaihi wa Sallam buniyal Islamu 'ala khamsin..." dan Muslim dalam Kitabul Iman, bab: "Bayanu Arkanil Islam wa Da'amihil 'Izham".

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Syarh Tsalaatsatil Ushuul, Penulis Matan: Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah, Penulis Syarah: Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah, Penyusun: Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman, Penerbit: Darul Tsarya, Riyadh - Kerajaan Arab Saudi, Cetakan III, Tahun 1997 M, Judul Terjemahan: Syarah Tsalaatsatul Ushuul (Mengenal Allah, Rasul dan Dinul Islam, Penjelasan Singkat Tentang Ilmu-ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim), Penerjemah: Hawin Murtadlo, Salafuddin Abu Sayyid, Editor: Muhammad Albani, Penerbit: Al-Qowam, Sukoharjo - Indonesia, Cetakan XIII, Maret 2016 M.

===

Wakaf dari Ibu Anny - Jakarta untuk Perpustakaan Baitul Kahfi Tangerang.
Semoga Allah menjaganya dan memudahkan segala urusan kebaikannya.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog