Skip to main content

Pengertian Islam | Syarah Tsalatsatul Ushul

Syarh Tsalaatsatil Ushuul.

Syarah Tsalaatsatul Ushuul.
Mengenal Allah, Rasul dan Dinul Islam.
Penjelasan Singkat Tentang Ilmu-ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim.

Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah.

Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah.

Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman.

Syarah Tsalatsatul Ushul.

Kedua.

Ma'rifatud Din.
Mengenal Dinul Islam.

Prinsip kedua 1) adalah mengenal Dinul Islam dengan dalil. Islam adalah penyerahan diri 2) kepada Allah dengan bertauhid 3), kepatuhan kepada-Nya dengan menaati-Nya 4), dan pembebasan diri dari syirik dan orang-orang musyrik 5).

Syarah:

1) Maksudnya prinsip kedua di antara tiga prinsip yang dikupas di sini adalah mengenal Dinul Islam dengan dalil, yakni hendaklah seseorang mengenal Dinul Islam berikut dalil-dalilnya dari Al-Quran dan As-Sunnah.

2) Dinul Islam, atau katakanlah Islam, adalah:

"Penyerahan diri kepada Allah dengan bertauhid, ketundukan kepada-Nya dengan menaati-Nya, dan pembebasan diri dari syirik dan orang-orang musyrik."

Ia mencakup tiga hal di atas.

3) Artinya, seorang hamba menyerahkan diri kepada Rabbnya secara syar'i, yaitu dengan mentauhidkan Allah 'Azza wa Jalla dan menunggalkan ibadah semata-mata kepada-Nya. Penyerahan diri semacam inilah yang pelakunya dipuji dan diberi pahala. Adapun penyerahan diri dalam artian pasrah kepada takdir, maka seorang hamba tidak mendapatkan pahala, karena dalam hal ini manusia tidak berdaya sedikit pun. Allah 'Azza wa Jalla berfirman:

"...padahal kepada-Nyalah menyerahkan diri segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan suka maupun terpaksa dan hanya kepada Allah mereka dikembalikan." (Ali 'Imran [3]: 83)

4) Menaati-Nya dengan menjalankan perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya, karena ketaatan itu terwujud dalam menjalankan perintah dan meninggalkan larangan.

5) Membebaskan diri dari syirik artinya meninggalkannya. Ini menuntut agar seseorang juga memisahkan diri dari orang-orang musyrik. Allah 'Azza wa Jalla berfirman:

"Sesungguhnya telah ada suri tauladan yang baik bagimu pada Ibrahim dan orang-orang yang bersama dengan dia; ketika mereka berkata kepada kaum mereka, 'Sesungguhnya kami berlepas diri dari kalian dan apa yang kalian ibadahi selain Allah. Kami mengingkari (kekafiran) kalian dan telah nyata antara kami dan kalian permusuhan dan kebencian buat selama-lamanya sampai kamu beriman kepada Allah saja." (Al-Mumtahanah [60]: 4)

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Syarh Tsalaatsatil Ushuul, Penulis Matan: Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah, Penulis Syarah: Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah, Penyusun: Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman, Penerbit: Darul Tsarya, Riyadh - Kerajaan Arab Saudi, Cetakan III, Tahun 1997 M, Judul Terjemahan: Syarah Tsalaatsatul Ushuul (Mengenal Allah, Rasul dan Dinul Islam, Penjelasan Singkat Tentang Ilmu-ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim), Penerjemah: Hawin Murtadlo, Salafuddin Abu Sayyid, Editor: Muhammad Albani, Penerbit: Al-Qowam, Sukoharjo - Indonesia, Cetakan XIII, Maret 2016 M.

===

Wakaf dari Ibu Anny - Jakarta untuk Perpustakaan Baitul Kahfi Tangerang.
Semoga Allah menjaganya dan memudahkan segala urusan kebaikannya.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog