Skip to main content

Menyembelih | Macam-macam Ibadah | Syarah Tsalatsatul Ushul

Syarh Tsalaatsatil Ushuul.

Syarah Tsalaatsatul Ushuul.
Mengenal Allah, Rasul dan Dinul Islam.
Penjelasan Singkat Tentang Ilmu-ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim.

Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah.

Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah.

Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman.

Syarah Tsalatsatul Ushul.

Ma'rifatur Rabb.
Mengenal Rabb (Allah).

Dalil penyembelihan adalah firman Allah 'Azza wa Jalla, "Katakanlah, 'Sesungguhnya shalatku, penyembelihanku, hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah Rabb semesta alam; tiada sekutu bagi-Nya." 1) (Al-An'am [6]: 162-163). Dalil penyembelihan dari Sunnah adalah "Allah melaknat orang yang menyembelih untuk selain Allah." (25)

Syarah:

1) Ada beberapa macam penyembelihan:

Pertama: Penyembelihan yang dilakukan sebagai ibadah yang ditujukan untuk mengagungkan sesuatu atau merendahkan diri dan mendekatkan diri kepada sesuatu. Penyembelihan semacam ini tidak boleh diperuntukkan kepada selain Allah dan dengan cara selain yang disyariatkan oleh Allah 'Azza wa Jalla. Melaksanakan penyembelihan semacam ini untuk sesuatu selain Allah merupakan syirik akbar. Dalilnya adalah ayat yang telah disebutkan oleh Syaikh rahimahullah, yaitu firman Allah:

"Katakanlah, 'Sesungguhnya shalatku, penyembelihanku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah Rabb semesta alam. Tiada sekutu bagi-Nya..." (Al-An'am [6]: 162-163)

Kedua: Penyembelihan yang dilaksanakan sebagai penghormatan kepada tamu, untuk pesta perkawinan, dan sebagainya. Ini diperintahkan, hukumnya bisa wajib atau sunah. Karena Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda:

"Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari Akhir, hendaklah menghormati tamunya." (26)

Juga sabda beliau Shallallahu 'alaihi wa Sallam kepada Abdurrahman bin Auf (radhiyallahu 'anhu):

"Adakanlah walimah, walaupun dengan seekor kambing." (27)

Ketiga: Penyembelihan yang dilaksanakan untuk bersenang-senang dengan memakannya, memperdagangkannya, dan sebagainya. Ini merupakan perbuatan mubah. Pada dasarnya perbuatan ini mubah, karena Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

"Tidakkah mereka melihat bahwa sesungguhnya Kami telah menciptakan binatang ternak untuk mereka yaitu sebagian dari apa yang telah Kami ciptakan dengan kekuasaan Kami sendiri, lalu mereka menguasainya? Dan Kami tundukkan binatang-binatang itu untuk mereka, maka sebagiannya menjadi tunggangan mereka dan sebagiannya mereka makan." (Yasin [36]: 71-72)

Bisa jadi, penyembelihan semacam ini menjadi diperintahkan atau dilarang, tergantung kepada sarana apakah yang digunakan untuknya.

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Catatan Kaki:

25. HR. Muslim, Kitabul Adhahi, bab "Tahrimudz dzabhi lighairillahi 'Azza wa Jalla wa La'ni Fa'ilihi".

26. HR. Bukhari, Kitabul Adab, bab "Man Kana Yu'minu billahi wal Yaumil Akhiri fala Yu'dzi jarahu", dan Muslim dalam Kitabul Luqathah, bab "Adh-Dhiyafah wa Nahwuha".

27. HR. Bukhari, Kitabul Buyu', bab "Ma Ja'a fi Qaulihi, Faidza Qudhiyatish Shalah", dan Muslim dalam Kitabun Nikah, bab "Ash-Shaddaq wa Jawazu Kaunihi Ta'limal Qur'an Khatama Hadits".

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Syarh Tsalaatsatil Ushuul, Penulis Matan: Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah, Penulis Syarah: Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah, Penyusun: Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman, Penerbit: Darul Tsarya, Riyadh - Kerajaan Arab Saudi, Cetakan III, Tahun 1997 M, Judul Terjemahan: Syarah Tsalaatsatul Ushuul (Mengenal Allah, Rasul dan Dinul Islam, Penjelasan Singkat Tentang Ilmu-ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim), Penerjemah: Hawin Murtadlo, Salafuddin Abu Sayyid, Editor: Muhammad Albani, Penerbit: Al-Qowam, Sukoharjo - Indonesia, Cetakan XIII, Maret 2016 M.

===

Wakaf dari Ibu Anny - Jakarta untuk Perpustakaan Baitul Kahfi Tangerang.
Semoga Allah menjaganya dan memudahkan segala urusan kebaikannya.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog