Skip to main content

Makna Syahadat Muhammadur Rasulullah (2) | Tingkatan Pertama: Islam | Tingkatan-tingkatan Din | Syarah Tsalatsatul Ushul

Syarh Tsalaatsatil Ushuul.

Syarah Tsalaatsatul Ushuul.
Mengenal Allah, Rasul dan Dinul Islam.
Penjelasan Singkat Tentang Ilmu-ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim.

Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah.

Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah.

Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman.

Syarah Tsalatsatul Ushul.

Kedua.

Ma'rifatud Din.
Mengenal Dinul Islam.

Syahadat ini menuntut anda untuk membenarkan apa yang dikabarkan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam, menjalankan perintahnya, menjauhi larangannya, dan tidak beribadah kecuali dengan apa yang disyariatkannya. Syahadat juga menuntut agar anda tidak berkeyakinan bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam memiliki hak rububiyah dan pengaturan alam semesta, atau hak untuk disembah. Dia adalah hamba yang tidak boleh disembah, Rasul yang tidak boleh didustakan, serta tidak berkuasa sedikit pun untuk memberikan manfaat dan mudarat bagi dirinya maupun orang lain kecuali jika dikehendaki oleh Allah. Sebagaimana firman Allah 'Azza wa Jalla:

"Katakanlah, 'Aku tidak mengatakan kepada kalian bahwa perbendaharaan Allah ada padaku, dan tidak pula aku mengetahui yang gaib, dan tidak pula aku mengatakan kepada kalian bahwa aku seorang Malaikat. Aku tidak mengetahui kecuali apa yang diwahyukan kepadaku..." (Al-An'am [6]: 50)

Beliau adalah seorang hamba yang mendapatkan dan mengikuti perintah Allah. Allah 'Azza wa Jalla berfirman:

"Katakanlah, 'Sesungguhnya aku tidak kuasa mendatangkan suatu kemudharatan pun kepadamu dan tidak pula kemanfaatan.' Katakanlah, 'Sesungguhnya aku sekali-kali tiada seorang pun yang melindungiku dari (adzab) Allah dan sekali-kali tiada akan memperoleh tempat berlindung selain-Nya.'" (Al-Jinn [72]: 21-22)

Allah 'Azza wa Jalla juga berfirman,

"Katakanlah, 'Aku tidak berkuasa menarik kemanfaatan bagi diriku dan tidak pula menolak kemudaratan kecuali yang dikehendaki Allah. Dan sekiranya aku mengetahui yang gaib, tentulah aku membuat kebajikan sebanyak-banyaknya dan aku tidak akan ditimpa kemudaratan. Aku tidak lain hanyalah pemberi peringatan dan pembawa berita gembira bagi orang-orang yang beriman." (Al-A'raf [7]: 188)

Dengan demikian, anda mengetahui bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam maupun makhluk-makhluk yang berkedudukan lebih rendah daripada beliau tidak berhak untuk diibadahi dan disembah serta bahwa ibadah hanyalah untuk Allah 'Azza wa Jalla semata. Allah berfirman,

"Katakanlah, 'Sesungguhnya shalatku, penyembelihanku, hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah Rabb semesta alam. Tiada sekutu bagi-Nya, dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah)." (Al-An'am [6]: 162-163)

Anda mengetahui bahwa beliau hanya berhak untuk ditempatkan pada kedudukan yang diberikan oleh Allah 'Azza wa Jalla, yaitu bahwa beliau adalah hamba dan Rasul-Nya, semoga shalawat dan salam Allah terlimpah kepada beliau.

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Syarh Tsalaatsatil Ushuul, Penulis Matan: Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah, Penulis Syarah: Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah, Penyusun: Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman, Penerbit: Darul Tsarya, Riyadh - Kerajaan Arab Saudi, Cetakan III, Tahun 1997 M, Judul Terjemahan: Syarah Tsalaatsatul Ushuul (Mengenal Allah, Rasul dan Dinul Islam, Penjelasan Singkat Tentang Ilmu-ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim), Penerjemah: Hawin Murtadlo, Salafuddin Abu Sayyid, Editor: Muhammad Albani, Penerbit: Al-Qowam, Sukoharjo - Indonesia, Cetakan XIII, Maret 2016 M.

===

Wakaf dari Ibu Anny - Jakarta untuk Perpustakaan Baitul Kahfi Tangerang.
Semoga Allah menjaganya dan memudahkan segala urusan kebaikannya.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog