Skip to main content

Isti'adzah (2) | Macam-macam Ibadah | Syarah Tsalatsatul Ushul

Syarh Tsalaatsatil Ushuul.

Syarah Tsalaatsatul Ushuul.
Mengenal Allah, Rasul dan Dinul Islam.
Penjelasan Singkat Tentang Ilmu-ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim.

Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah.

Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah.

Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman.

Syarah Tsalatsatul Ushul.

Ma'rifatur Rabb.
Mengenal Rabb (Allah).

Ketiga: Memohon perlindungan kepada mayit atau orang hidup yang tidak tampak di hadapan dan tidak bisa memberikan perlindungan. Ini merupakan perbuatan syirik. Contohnya adalah yang disebutkan dalam firman Allah 'Azza wa Jalla:

"Dan bahwasanya ada beberapa orang laki-laki di antara manusia meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki di antara jin, maka jin-jin itu menambah bagi mereka dosa dan kesalahan." (Al-Jinn [72]: 6)

Keempat: Mencari perlindungan dengan makhluk, tempat, atau sesuatu lainnya, yang memang bisa melindungi. Tindakan ini diperbolehkan. Dalilnya adalah sabda Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam tentang fitnah-fitnah yang akan terjadi:

"Barangsiapa yang mencoba-coba melongok fitnah-fitnah tersebut, niscaya fitnah-fitnah itu akan mengenainya. Dan barangsiapa menemukan perlindungan, hendaklah berlindung kepadanya." (21)

Hadits ini muttafaq 'alaih.

Beliau Shallallahu 'alaihi wa Sallam menjelaskan pengertian perlindungan tersebut dengan sabdanya:

"Barangsiapa mempunyai unta, hendaklah pergi dengan membawa untanya."

Hadits ini diriwayatkan oleh Muslim. Disebutkan pula hadits lain dalam Shahih Muslim, dari Jabir radhiyallahu 'anhu bahwa seorang wanita dari Bani Makhzum mencuri. Wanita itu dibawa kepada Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam lantas meminta perlindungan kepada Ummu Salamah (radhiyallahu 'anha). (22)

Dalam Shahih Muslim juga disebutkan, dari Ummu Salamah (radhiyallahu 'anha), dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam yang bersabda:

"Ada seorang berlindung di Baitullah, lantas beliau mengirim seorang utusan kepadanya." (23)

Tetapi jika ia berlindung di Baitullah dari kejahatan orang zalim, maka ia wajib dilindungi sesuai dengan keadaan yang memungkinkan. Jika ia berlindung untuk menjadikan perlindungan tersebut sebagai alat untuk melanggar larangan atau menghindari kewajiban, maka haram untuk dilindungi.

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Catatan Kaki:

21. HR. Bukhari dalam Kitabul Fitan, bab "Takunul Fitnah, Al-Qaidu fiha Khairun Minal Qaim", dan Muslim dalam Kitabul Fitan, bab "Nuzulul Fitan ka Mawaqi'il Qathri".

22. HR. Muslim dalam Shahih-nya, Kitabul Hudud, bab "Qath'us Sariqisy Syarifi wa Ghairihi".

23. HR. Muslim, Kitabul Fitan, bab "Al-Khasafu bil Jaisyil ladzi Yaummul Bait".

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Syarh Tsalaatsatil Ushuul, Penulis Matan: Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah, Penulis Syarah: Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah, Penyusun: Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman, Penerbit: Darul Tsarya, Riyadh - Kerajaan Arab Saudi, Cetakan III, Tahun 1997 M, Judul Terjemahan: Syarah Tsalaatsatul Ushuul (Mengenal Allah, Rasul dan Dinul Islam, Penjelasan Singkat Tentang Ilmu-ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim), Penerjemah: Hawin Murtadlo, Salafuddin Abu Sayyid, Editor: Muhammad Albani, Penerbit: Al-Qowam, Sukoharjo - Indonesia, Cetakan XIII, Maret 2016 M.

===

Wakaf dari Ibu Anny - Jakarta untuk Perpustakaan Baitul Kahfi Tangerang.
Semoga Allah menjaganya dan memudahkan segala urusan kebaikannya.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog