Skip to main content

Inabah | Macam-macam Ibadah | Syarah Tsalatsatul Ushul

Syarh Tsalaatsatil Ushuul.

Syarah Tsalaatsatul Ushuul.
Mengenal Allah, Rasul dan Dinul Islam.
Penjelasan Singkat Tentang Ilmu-ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim.

Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah.

Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah.

Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman.

Syarah Tsalatsatul Ushul.

Ma'rifatur Rabb.
Mengenal Rabb (Allah).

Dalil inabah adalah firman Allah 'Azza wa Jalla, "Dan kembalilah serta berserah dirilah kepada-Nya..." 1) (Az-Zumar [39]: 54)

Syarah:

1) Inabah artinya kembali kepada Allah dengan menaati-Nya dan menghindari kemaksiatan. Makna inabah mirip dengan taubat, tetapi lebih mendalam, karena ia juga mengandung makna penyandaran diri kepada Allah. Inabah hanya boleh dilakukan untuk Allah. Dalilnya firman Allah:

"Dan kembalilah dan berserah dirilah kamu semua kepada Rabbmu..." (Az-Zumar [39]: 54)

Yang dimaksudkan dengan firman Allah 'Azza wa Jalla, "Dan berserah dirilah kepada-Nya," adalah penyerahan diri secara syar'i, yaitu penyerahan diri kepada ketentuan syariat Allah. Penyerahan diri kepada Allah ada dua macam:

Pertama: Penyerahan diri secara alami (islam kauni), yaitu penyerahan diri kepada hukum Allah yang alami. Ini berlaku untuk siapa saja yang ada di langit dan di bumi, mukmin maupun kafir, orang yang berbakti maupun durhaka. Tidak ada seorang pun yang mampu menolak penyerahan diri semacam ini. Dalilnya adalah firman Allah 'Azza wa Jalla:

"...padahal, kepada-Nyalah berserah diri segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan suka maupun terpaksa dan hanya kepada Allah mereka dikembalikan." (Ali 'Imran [3]: 83)

Kedua: Penyerahan diri secara syar'i (islam syar'i), yaitu penyerahan diri kepada hukum syariat Allah. Ini hanya dilakukan oleh orang-orang yang menaati-Nya, yaitu para Rasul dan pengikut-pengikut mereka. Dalam al-Quran terdapat banyak dalil mengenai hal ini, di antaranya adalah ayat yang telah disebutkan oleh penulis rahimahullah.

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Syarh Tsalaatsatil Ushuul, Penulis Matan: Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah, Penulis Syarah: Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah, Penyusun: Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman, Penerbit: Darul Tsarya, Riyadh - Kerajaan Arab Saudi, Cetakan III, Tahun 1997 M, Judul Terjemahan: Syarah Tsalaatsatul Ushuul (Mengenal Allah, Rasul dan Dinul Islam, Penjelasan Singkat Tentang Ilmu-ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim), Penerjemah: Hawin Murtadlo, Salafuddin Abu Sayyid, Editor: Muhammad Albani, Penerbit: Al-Qowam, Sukoharjo - Indonesia, Cetakan XIII, Maret 2016 M.

===

Wakaf dari Ibu Anny - Jakarta untuk Perpustakaan Baitul Kahfi Tangerang.
Semoga Allah menjaganya dan memudahkan segala urusan kebaikannya.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog