Skip to main content

Dalil Shalat dan Zakat | Tingkatan Pertama: Islam | Tingkatan-tingkatan Din | Syarah Tsalatsatul Ushul

Syarh Tsalaatsatil Ushuul.

Syarah Tsalaatsatul Ushuul.
Mengenal Allah, Rasul dan Dinul Islam.
Penjelasan Singkat Tentang Ilmu-ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim.

Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah.

Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah.

Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman.

Syarah Tsalatsatul Ushul.

Kedua.

Ma'rifatud Din.
Mengenal Dinul Islam.

Dalil shalat, zakat 1), dan penafsiran tauhid adalah firman Allah 'Azza wa Jalla, "Padahal mereka tidak diperintahkan kecuali supaya beribadah kepada Allah, dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya lagi bersikap lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat serta mengeluarkan zakat 2). Demikian itulah 3) tuntunan agama yang lurus 4)." (Al-Bayyinah [98]: 5)

Syarah:

1) Maksudnya, dalil yang menunjukkan bahwa shalat dan zakat merupakan bagian dari agama adalah firman Allah 'Azza wa Jalla, "Padahal mereka tidak diperintahkan kecuali supaya beribadah kepada Allah, dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya lagi bersikap lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat serta mengeluarkan zakat. Demikian itulah tuntunan agama yang lurus." (Al-Bayyinah [98]: 5)

Ayat ini bersifat umum dan meliputi seluruh jenis ibadah. Dalam pelaksanaan semua ibadah itu, manusia wajib memurnikan ketaatan kepada Allah, meluruskan niat, serta mengikuti syariat-Nya.

2) Ini termasuk dalam kategori penggabungan kata yang khusus kepada yang umum, karena mendirikan shalat dan mengeluarkan zakat termasuk ibadah, tetapi Allah 'Azza wa Jalla menyebutkan kedua jenis ibadah ini karena keduanya memiliki nilai yang penting. Shalat adalah ibadah badan, sedangkan zakat adalah ibadah harta. Keduanya biasa disebutkan seiring dalam Al-Quran.

3) Maksudnya adalah ibadah kepada Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dan bersikap lurus serta mendirikan shalat dan mengeluarkan zakat.

4) Maksudnya adalah agama yang lurus, yang tidak ada kebengkokan padanya, karena ia adalah agama Allah 'Azza wa Jalla, sedangkan agama Allah adalah agama yang lurus. Sebagaimana firman Allah:

"Dan bahwa ini adalah jalan-Ku yang lurus, maka hendaklah kalian mengikuti-Nya; dan janganlah kalian mengikuti jalan-jalan lain, karena jalan-jalan itu menceraiberaikan kamu dari jalan-Nya..." (Al-An'am [6]: 153)

Ayat dalam surat Al-Bayyinah yang dikemukakan oleh penulis ini, mengandung penyebutan tentang ibadah dan shalat, di samping juga mengandung hakikat tauhid, yaitu keikhlasan kepada Allah 'Azza wa Jalla tanpa menyimpang kepada syirik. Barangsiapa tidak ikhlas kepada Allah, maka ia bukan seorang yang bertauhid. Dan barangsiapa beribadah kepada selain Allah, maka ia juga bukan orang yang bertauhid.

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Syarh Tsalaatsatil Ushuul, Penulis Matan: Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah, Penulis Syarah: Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah, Penyusun: Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman, Penerbit: Darul Tsarya, Riyadh - Kerajaan Arab Saudi, Cetakan III, Tahun 1997 M, Judul Terjemahan: Syarah Tsalaatsatul Ushuul (Mengenal Allah, Rasul dan Dinul Islam, Penjelasan Singkat Tentang Ilmu-ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim), Penerjemah: Hawin Murtadlo, Salafuddin Abu Sayyid, Editor: Muhammad Albani, Penerbit: Al-Qowam, Sukoharjo - Indonesia, Cetakan XIII, Maret 2016 M.

===

Wakaf dari Ibu Anny - Jakarta untuk Perpustakaan Baitul Kahfi Tangerang.
Semoga Allah menjaganya dan memudahkan segala urusan kebaikannya.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog