Skip to main content

Dalil Puasa | Tingkatan Pertama: Islam | Tingkatan-tingkatan Din | Syarah Tsalatsatul Ushul

Syarh Tsalaatsatil Ushuul.

Syarah Tsalaatsatul Ushuul.
Mengenal Allah, Rasul dan Dinul Islam.
Penjelasan Singkat Tentang Ilmu-ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim.

Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah.

Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah.

Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman.

Syarah Tsalatsatul Ushul.

Kedua.

Ma'rifatud Din.
Mengenal Dinul Islam.

Dalil puasa 1) adalah firman Allah 'Azza wa Jalla, "Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan kepada kalian berpuasa, sebagaimana telah diwajibkan kepada orang-orang sebelum kalian, agar kalian bertakwa." 2) (Al-Baqarah [2]: 183)

Syarah:

1) Maksudnya, dalil mengenai kewajiban berpuasa adalah firman Allah di atas. Ada beberapa faedah dari firman Allah yang menyebutkan, "Sebagaimana telah diwajibkan kepada orang-orang sebelum kalian", yaitu:

Pertama: Puasa merupakan ibadah yang penting, di mana Allah 'Azza wa Jalla juga mewajibkannya kepada umat-umat sebelum kita. Ini menunjukkan kecintaan Allah 'Azza wa Jalla kepada ibadah puasa tersebut dan bahwa ia merupakan ibadah yang harus dilaksanakan oleh setiap umat.

Kedua: Keringanan yang diberikan bagi umat ini, di mana ia bukan merupakan satu-satunya umat yang mendapatkan kewajiban puasa, yang barangkali memberatkan jiwa maupun badan.

Ketiga: Isyarat bahwa Allah 'Azza wa Jalla telah menyempurnakan agama umat ini, di mana Dia telah menyempurnakannya dengan amalan-amalan utama yang terdapat pada umat-umat sebelumnya.

2) Dalam ayat ini Allah 'Azza wa Jalla menjelaskan hikmah puasa, yaitu dengan firman-Nya, "Agar kalian bertakwa". Artinya agar kalian bertakwa kepada Allah berkat puasa dan berbagai amalan yang terkandung di dalamnya yang merupakan sifat-sifat ketakwaan. Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam telah mengisyaratkan faedah ini dalam sabdanya:

"Barangsiapa tidak meninggalkan perkataan dusta dan perilaku jahat, maka Allah tidak membutuhkan dia meninggalkan makan dan minumnya (Allah tidak membutuhkan puasanya, -penerj.)." (32)

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Catatan Kaki:

32. HR. Bukhari dalam Kitabush Shaum, bab: "Man lam yada' Qaulas Zuri wal 'Amala bihi fish Shaum."

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Syarh Tsalaatsatil Ushuul, Penulis Matan: Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah, Penulis Syarah: Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah, Penyusun: Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman, Penerbit: Darul Tsarya, Riyadh - Kerajaan Arab Saudi, Cetakan III, Tahun 1997 M, Judul Terjemahan: Syarah Tsalaatsatul Ushuul (Mengenal Allah, Rasul dan Dinul Islam, Penjelasan Singkat Tentang Ilmu-ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim), Penerjemah: Hawin Murtadlo, Salafuddin Abu Sayyid, Editor: Muhammad Albani, Penerbit: Al-Qowam, Sukoharjo - Indonesia, Cetakan XIII, Maret 2016 M.

===

Wakaf dari Ibu Anny - Jakarta untuk Perpustakaan Baitul Kahfi Tangerang.
Semoga Allah menjaganya dan memudahkan segala urusan kebaikannya.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog