Skip to main content

Hadits Adab Az Zifaf (131)

أَدَابُ الزِّفَافِ فِى السُّنَّةِ الْمُطَهَّرَةِ

Adaabuz Zifaafi fis Sunnatil Muthahharati.

Adab Az Zifaf.
Panduan Pernikahan Cara Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam.

Imam Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullaah.

Adab Menikah.

41. Wasiat kepada Pasangan Suami-Istri.

Kewajiban Wanita Melayani Suaminya.

'Aisyah radhiyallahu 'anhuma pernah berkata, "Rasulullah (shallallahu 'alaihi wa sallam) biasa ikut mengerjakan pekerjaan istrinya. Maksudnya, membantu pekerjaan istrinya. Apabila waktu shalat tiba, beliau keluar rumah untuk melaksanakan shalat." Hadits ini diriwayatkan oleh Al Bukhari (II/ 129 dan IX/ 418), At Tirmidzi (III/ 314), dan Ibnu Sa'ad (I/ 366). At Tirmidzi menilai hadits ini shahih. Dia juga meriwayatkan hadits ini dalam kitab Asy Syamail (II/ 85) melalui jalur lain, tetapi dari 'Aisyah juga dengan lafal: "Beliau adalah seorang manusia seperti manusia lainnya. Beliau membersihkan pakaiannya, memerah susu kambingnya, dan melayani dirinya sendiri." Para periwayatnya adalah para periwayat kitab Ash Shahih, meskipun sebagian dari mereka ada yang memiliki kelemahan. (239)

Akan tetapi, hadits tersebut diriwayatkan juga oleh Ahmad dan Abu Bakar Asy Syafi'i dengan sanad yang kuat sebagaimana telah saya tahqiq dalam kitab Silsilah Al Ahadits Ash Shahihah (no. 670). Allahlah yang berkuasa memberi taufik.

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Catatan Kaki:

239. Saya berkata: Oleh karena itulah penta'liq kitab Syarah As Sunnah (XIII/ 243/ 3676) menilai dha'if hadits ini. Dia tidak mengetahui adanya jalur periwayatan lain yang kuat. Silakan para pembaca merujuk ke kitab saya yang berjudul Mukhtashar Asy Syamail.

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: (أَدَابُ الزِّفَافِ فِى السُّنَّةِ الْمُطَهَّرَةِ) Adaabuz Zifaafi fis Sunnatil Muthahharati, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullaah, Penerbit: Dar As Salam, Tanpa Keterangan Cetakan, Tahun: 1423 H/ 2002 M, Judul Terjemahan: Adab Az Zifaf, Panduan Pernikahan Cara Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam, Penerjemah: Abu Shafiya, Editor: Abu Hanief, Penerbit: Media Hidayah, Jogjakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, Muharram 1425 H/ Maret 2004 M, Cetakan Ketiga.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog