Skip to main content

Hadits Adab Az Zifaf (130)

أَدَابُ الزِّفَافِ فِى السُّنَّةِ الْمُطَهَّرَةِ

Adaabuz Zifaafi fis Sunnatil Muthahharati.

Adab Az Zifaf.
Panduan Pernikahan Cara Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam.

Imam Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullaah.

Adab Menikah.

41. Wasiat kepada Pasangan Suami-Istri.

Kewajiban Wanita Melayani Suaminya.

"Fathimah datang kepada Nabi (shallallahu 'alaihi wa sallam) mengadukan bekas-bekas di telapak tangannya yang ditimbulkan oleh alat penggilingan tepung. Ketika itu dia mendengar bahwa ada seorang budak yang datang kepada Nabi. Akan tetapi, saat itu Fathimah tidak berjumpa beliau. Fathimah pun menceritakan hal itu kepada 'Aisyah. Ketika Nabi (shallallahu 'alaihi wa sallam) datang, 'Aisyah menceritakan pengaduan Fathimah."

Selanjutnya 'Ali bercerita, "Kemudian, selang berapa lama beliau datang mengunjungi kami yang waktu itu sedang bersiap untuk tidur. Kami bangun, namun beliau berkata, 'Tetaplah di tempat!' Beliau duduk di antara saya dan Fathimah. Beliau memegang perut saya hingga saya merasakan dinginnya telapak tangan beliau di perut saya. Beliau kemudian bersabda, 'Maukah saya tunjukkan kepada kalian sesuatu yang lebih baik dari apa yang kalian minta? Jika kalian telah bersiap untuk tidur hendaklah mengucapkan 'Subhanallah' tiga puluh tiga kali, mengucapkan 'Alhamdulillah' tiga puluh tiga kali, dan mengucapkan 'Allahu Akbar' tiga puluh empat kali. Itu lebih baik bagi kalian daripada seorang pelayan.'"

'Ali berkata, "Sejak saat itu, saya tidak pernah meninggalkan apa yang telah diajarkan oleh Nabi (shallallahu 'alaihi wa sallam) itu." Dia pernah ditanya, "Juga pada saat perang Shiffin?" 'Ali menjawab, "Juga pada saat perang Shiffin." Hadits ini diriwayatkan oleh Al Bukhari (IX/ 417-418).

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: (أَدَابُ الزِّفَافِ فِى السُّنَّةِ الْمُطَهَّرَةِ) Adaabuz Zifaafi fis Sunnatil Muthahharati, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullaah, Penerbit: Dar As Salam, Tanpa Keterangan Cetakan, Tahun: 1423 H/ 2002 M, Judul Terjemahan: Adab Az Zifaf, Panduan Pernikahan Cara Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam, Penerjemah: Abu Shafiya, Editor: Abu Hanief, Penerbit: Media Hidayah, Jogjakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, Muharram 1425 H/ Maret 2004 M, Cetakan Ketiga.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog